Sinergi Pemkab Jember dan BP2MI, Layanan Terpadu untuk Pekerja Migran Resmi Dibuka
Bupati Muhammad Fawaitt Resmikan MPP di Jember--
JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Demi mempermudah warga mengurus dokumen, Pemerintah Kabupaten Jember bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) secara resmi membuka Desk Pelayanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Jember.
Peresmian digelar Senin, 1 September 2025, menjadi solusi bagi masyarakat Jember yang selama ini harus pergi ke Surabaya, Malang, atau Banyuwangi untuk mengurus administrasi penempatan dan perlindungan PMI.
BACA JUGA:Pemkab Jember Gencarkan Sosialisasi Pajak Demi Kemandirian Daerah

Mini Kidi--
Dalam sambutannya, Bupati Jember, H. Muhammad Fawait, menegaskan bahwa pembukaan layanan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dan pusat untuk mempermudah masyarakat.
"Selama ini warga Jember harus pergi jauh untuk mengurus dokumen PMI. Sekarang cukup di Jember saja. Semua bisa dilayani tuntas di sini," ujar Bupati. "Ini adalah komitmen kami bersama Presiden Prabowo agar prosedur calon PMI menjadi lebih mudah, jelas, dan aman."
BACA JUGA:PDIP Jatim Desak Pemkab Jember Bertindak Cepat Tuntaskan SK Biru Reforma Agraria
Bupati Fawait juga menekankan pentingnya sosialisasi langsung ke masyarakat, sekolah, hingga pesantren agar warga memahami prosedur resmi sejak awal. Hal ini bertujuan untuk mencegah warga tergoda jalur nonprosedural yang berisiko tinggi.
"Banyak kasus PMI bermasalah di luar negeri karena berangkat ilegal. Negara sulit membantu karena mereka tidak terdata. Dengan layanan ini, semua bisa lebih jelas dan terpantau," tegasnya.
BACA JUGA:Gus’e Peduli Kesehatan, Pemkab Jember Gelar Layanan Kesehatan Gratis Serentak di 3 RSD
Selain mempermudah administrasi, Pemerintah Kabupaten Jember juga menyiapkan program peningkatan keterampilan dan pelatihan bahasa asing. Tujuannya agar calon PMI Jember bisa menembus sektor dengan gaji tinggi, seperti di Jepang, Korea, atau Eropa.
"Kami ingin PMI Jember tidak hanya bekerja di sektor informal, tetapi juga masuk ke sektor yang lebih bermartabat," tambah Bupati. "Ini adalah jalan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarga di kampung halaman."
BACA JUGA:Wujud Sinergi Polri dan Pemkab Jember, Beri Penghargaan Tokoh Berprestasi di HUT Ke-79 Bhayangkara
Sementara itu, Staf Ahli Bidang Transformasi Digital BP2MI, Prof. Dr. Moch. Chotib, menjelaskan bahwa layanan ini mencakup informasi lowongan kerja, orientasi pra-pemberangkatan, penerbitan e-PMI, hingga penanganan pengaduan. Ia menambahkan, ada juga kerja sama dengan perbankan untuk menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus PMI, guna meringankan biaya calon pekerja.
Sumber:



