Rookie Drag Bike Bupati Malang Cup 2024, KPPBC TMC-Pemkab Malang-IMI Bersinergi Gempur Rokok Ilegal

Rookie Drag Bike Bupati Malang Cup 2024, KPPBC TMC-Pemkab Malang-IMI Bersinergi Gempur Rokok Ilegal

Bupati Malang HM Sanusi mengajak untuk mensukseskan program Gempur Rokok Ilegal pada event ‘Rookie Drag Bike Bupati Malang Cup 2024’, di area Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu 13 Juli 2024 malam.-Biro Malang Raya-

Sedangkan, kerugian yang dialami negara, menurut Rini yaitu negara tidak menerima pendapatan pajak dari rokok ilegal tersebut. Padahal, pungutan pita cukai yang sah tersebut menjadi pendapatan negara yang dikembalikan lagi untuk kepentingan masyarakat, melalui program pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. Seperti, pembangunan jalan, gedung maupun program lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Karena itu mari kita bersama-sama mensukseskan Gempur Rokok Ilegal agar tidak ada peredaran rokok ilegal,” pinta Dwi Prasetyorini.

Rini menambahkan rokok ilegal ada empat macam yang bisa secara langsung dikenali secara kasat mata. Pertama, rokok ilegal bisa dikenali tanpa adanya pita cukai yang sah; kedua, menggunakan pita palsu.

Ciri ketiga, menggunakan pita cukai bukan peruntukannya, artinya pita cukai untuk rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan) digunakan rokok SKM (Sigaret Kretek Mesin) atau sebaliknya. Keempat, menggunakan pita cukai bekas, pita cukai yang sudah digunakan.

“Masyarakat mengetahui ciri-ciri rokok ilegal, cara mengenali rokok putihan agar mereka bisa membantu pemerintah mencegah terjadinya peredaran rokok ilegal,” jelas Dwi Prasetyorini.

Event Rookie Drag Bike Bupati Malang Cup 2024 ini merupakan rangkaian Kanjuruhan Street Race seri 20 yang diikuti 470 peserta yang terbagi pada 17 kelas memperebutkan Piala Bupati Malang. Seri 20 merupakan lanjutan acara sebelumnya, karena sudah terlaksana sebanyak 19 kali Kanjuruhan Street Race. 

“Pada 19 seri sebelumnya merupakan ajang latihan bersama para rider yang berasal dari Malang Raya dan sekitarnya,” jelas pengurus IMI Kabupaten Malang Andika Kurniawan seraya menyebutkan juga diikuti rider dari Sidoarjo dan Kediri. (Diskominfo Kabupaten Malang/ADV/kid)

Sumber: