Ukir Sejarah Juara Umum AUG XXI 2024, Kemendikbudristek: Ini Hadiah Besar untuk Indonesia

Ukir Sejarah Juara Umum AUG XXI 2024, Kemendikbudristek: Ini Hadiah Besar untuk Indonesia

Kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam perhelatan Asean University Games XXI 2024--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi penampilan Kontingen Mahasiswa Indonesia yang telah memberikan prestasi membanggakan di 21st ASEAN University Games (AUG) 2024 Surabaya-Malang. Indonesia berhasil menjadi juara umum sekaligus mengukir sejarah baru. 

Dengan raihan 126 emas, 99 perak, dan 71 perunggu, Kontingen Indonesia menjadi juara umum dengan raihan medali emas terbanyak sepanjang penyelenggaraan. 

“Terima kasih banyak untuk semua kerja keras semua pihak yang sudah melakukan yang terbaik, mulai dari persiapan sampai hari ini. Kami berterima kasih akhirnya kita bisa mendapatkan medali terbanyak dan itu hadiah besar untuk Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti. 

“Semoga semuanya tetap semangat dan menjaga sportivitas dan menjadi atlet andalan Indonesia,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Raih Emas di AUG, Mahasiswa UMM Wakili Indonesia

BACA JUGA:Selangkah Lagi Kontingen Indonesia Juara Umum AUG 2024

Atas prestasi yang membanggakan tersebut, pastinya akan ada apresiasi yang diberikan untuk para atlet. Meski demikian, ia masih belum mau menjelaskan secara detail.

“Tentu pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek akan memberikan apresiasi kepada para atlet peraih medali. Nanti bu (Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek Maria Veronica Irene Herdjiono) dan tentu tidak akan kami sampaikan sekarang, akan kami sampaikan berikutnya,” ujar Suharti.

Sebagai informasi, torehan sejarah baru yang dibuat Kontingen Mahasiswa Indonesia di AUG sekaligus menyempurnakan rentetan prestasi yang pernah diraih di kancah internasional. 

Pada FISU World University Games - sebelumnya dikenal dengan Universiade - tahun 2021 di Chengdu, Del Asri yang saat itu juga menjadi Ketua Kontingen berhasil mengantarkan Merah Putih menempati ranking 15 dengan raihan 4 emas dan 3 perak.

BACA JUGA:Cabor Tenis Sumbang Emas Untuk Indonesia di AUG 2024

BACA JUGA:Hari Pertama AUG XXI 2024, Judo Sukses Sumbang 3 Emas Untuk Indonesia

Sementara itu, Ketua Kontingen Mahasiswa Indonesia Del Asri bersyukur karena selain menggenapi target juara umum, atlet-atlet Indonesia juga mampu membuat sejarah dengan mencatatkan rekor baru di AUG. Setidaknya, tambah Del Asri, ada lima rekor baru yang dicatatkan di AUG 2024 (lihat data).

“Alhamdullilah. Sebagai Ketua Kontingen saya berterima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, dan semua pihak. Terutama Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),” kata Del Asri. (rid) 

Sumber: