Ribuan Warga di Surabaya Lakukan Klarifikasi Buntut Masuknya Daftar Penonaktifan KK

Ribuan Warga di Surabaya Lakukan Klarifikasi Buntut Masuknya Daftar Penonaktifan KK

Indra Wahyudi saat melayangkan protes keras kepada Kepala Dispendukcapil Surabaya--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil)  Kota Surabaya melakukan penonaktifan atau pemblokiran Kartu Keluarga (KK). Dari total 97.408 jiwa itu terdapat 42.804 KK yang masuk dalam daftar usulan untuk diblokir.

Kepala Dispendukcapil  Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, dari total 42.804 KK yang tercantum, sebanyak 4.646 di antaranya sudah mengonfirmasi masih tinggal di lokasi yang tertera di data.

"Sebenarnya yang ingin kami ketahui adalah posisinya (warga) ada di mana. Jadi selama satu Minggu kemarin, kami sudah mendapatkan konfirmasi sejumlah 4.646 KK," jelasnya.

Dispendukcapil  Surabaya saat ini masih memverifikasi pengajuan klarifikasi dari warga untuk menentukan kebenarannya. Pihaknya perlu melakukan pengecekan dengan teliti.

Pelaksanaan klarifikasi penertiban administrasi kependudukan berjalan mulai 21 Juni hingga 1 Agustus 2024."Makanya ada klarifikasi supaya ketika dikirimkan ke pusat datanya valid," katanya.

BACA JUGA:Buntut Pemblokiran KK di Surabaya Bikin Gaduh, Ini Respon Dispendukcapil

Sementara itu, Salah satu warga Surabaya, Indra Wahyudi melayangkan protes keras kepada Kepala Dispendukcapil Surabaya, ia menjelaskan bahwa dirinya masuk di dalam daftar blokir KK yang dipublikasikan Dispendukcapil.

Dia juga mempertanyakan proses verifikasi dan pencocokan data hingga dia dinyatakan tidak sesuai domisili dan masuk daftar blokir. Indra menegaskan bahwa ia tidak akan mengajukan permohonan apapun terkait hal ini.

"Saya sudah ngomong ke lurah, saya tidak akan mau menuliskan satu tetes pun tinta saya memohon di rumah saya sendiri," ujar Indra, pria kelahiran asli Surabaya ini.

BACA JUGA:Blokir KK Bikin Resah Warga, Komisi A Panggil Dispendukcapil

BACA JUGA:Polemik KK Siluman, Komisi A Minta Pemkot Lakukan Sosialisasi sebelum Blokir

Bagi warga Surabaya yang ingin mengecek status kependudukannya yang masuk daftar blokir atau tidak, Berikut caranya :

  • Buka situs https://disdukcapil.surabaya.go.id/data-usulan-blokir/
  • Pilih kecamatan domisili
  • Setelah memilih maka akan secara otomatis terunduh file dalam bentuk format excel
  • Buka file excel dan periksa apakah data kamu terdaftar masuk daftar warga usulan blokir atau tidak
  • Jika masuk dalam daftar warga usulan blokir maka klik download Surat Pernyataan RT RW sesuai alamat pada KK
  • Bawa Surat Pernyataan tersebut dan KK ke Kelurahan sesuai yang tercantum pada KK untuk Konfirmasi dan klarifikasi kependudukan 

Sumber: