Kasus Pasien Hemodialisis Meningkat Drastis

Kasus Pasien Hemodialisis Meningkat Drastis

Gedung RSUD Bangil.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Kasus hemodialisis (HS) atau pasien cuci darah di Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan yang signifikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hal ini diungkapkan oleh Humas RSUD Bangil, M Hayat menunjukkan berdasarkan data pasien di rumah sakit tersebut.

BACA JUGA:Kadindik Jatim: Korban Meninggal karena Infeksi Bronkitis, Infeksi Otak, dan Saluran Kencing

"Jumlah pasien HD di RSUD Bangil terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk dan gaya hidup yang tidak sehat. Terutama pada kalangan muda," jelas Hayat, Jumat 28 Juni 2024.

BACA JUGA:PPDB 2024, Delapan SMPN di Kabupaten Madiun Sepi Peminat

Data RSUD Bangil menunjukkan, pada 2019, terdapat 4.463 kasus HD. Angka ini kemudian turun pada 2020 menjadi 4.061 pasien. Namun, sejak tahun 2021, kasus pasien HD di RSUD Bangil terus melonjak.  Dengan 5.060 pasien di tahun 2021, Lalu 8.222 pasien di tahun 2022, dan 10.157 pasien di tahun 2023.

BACA JUGA:DKPP Ngawi Gelar Temu Usaha Petani Tembakau

Hingga lima bulan pertama di tahun 2024, RSUD Bangil telah menangani 4.646 pasien HD. Angka ini menunjukkan tren kenaikan yang konsisten.

BACA JUGA:Berawal dari Hobi Koleksi Uang Kuno, Otie Membuka Toko Khusus Numismatik

"Pada tahun 2024 ini, selama lima bulan sudah mencapai 4.646 pasien. Pada bulan Januari kasusnya 935, Februari 892, Maret 936, April 922, dan Mei 961," ungkap Hayat.

BACA JUGA:ASN Main Judi Online, Siap-Siap Kena Sanksi

Hayat menduga, salah satu faktor utama yang menyebabkan peningkatan kasus HD adalah gaya hidup yang tidak sehat. Terutama pada kalangan muda. Konsumsi makanan yang tidak seimbang, kurang berolahraga, dan merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal, yang pada akhirnya berujung pada gagal ginjal dan membutuhkan cuci darah.

BACA JUGA:Bakar Sampah, Anjing Kesayangan Jadi Korban

"Masyarakat perlu lebih peduli terhadap kesehatan ginjal dengan menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan merokok," pesan Hayat.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Ditlantas Polda Jatim Gelar Lomba Mancing Berhadiah Umrah untuk Jurnalis

Sumber: