6 Alasan Ilmiah Penyebab Perut Mudah Lapar: Penemuan yang Meningkatkan Kesadaran Makanan

6 Alasan Ilmiah Penyebab Perut Mudah Lapar: Penemuan yang Meningkatkan Kesadaran Makanan

-freepik-

MEMORANDUM - Perut mudah lapar adalah masalah yang umum dialami banyak orang. Banyak alasan ilmiah yang dapat menyebabkan perut mudah lapar, dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Terlalu Banyak Duduk

Penelitian menemukan bahwa orang yang duduk dalam jangka waktu lama cenderung jadi mudah lapar dibandingkan orang-orang yang aktif bergerak. Oleh karena itu, bergerak sesekali setiap 30 menit dapat membantu mencegah rasa lapar yang terus berulang.

BACA JUGA:Takut Kurang Tidur? Ini Cara Mengatur Waktu Saat Bulan Ramadan 

2. Kurang Konsumsi Protein

Kurang mengonsumsi protein dan lemak dapat menyebabkan perut mudah lapar. Protein dan lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat perut jadi kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Kurang Tidur Bisa Memicu Penyakit, Ini Caranya Untuk Mengatasi  

3. Kurang Tidur

Tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan perut mudah lapar. Tidur membantu mengatur hormon ghrelin yang berperan dalam mengatur nafsu makan. Kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin, sehingga Anda jadi mudah lapar.

BACA JUGA:5 Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Batu Ginjal, Bukan Cuma Kurang Minum! 

4. Kurang Minum

Kurang minum dapat membuat perut jadi mudah lapar. Air dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membuat perut jadi kenyang. Oleh karena itu, minum air sebelum makan dapat membantu mengatasi perut mudah lapar.

BACA JUGA:Membaca Buku: Senjata Ampuh Lawan Stres dan Ciptakan Tidur Malam yang Penuh Manfaat  

5. Stres Berat

Stres berlebihan dapat membuatmu jadi mudah lapar. Stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang berperan dalam meningkatkan rasa lapar. Oleh karena itu, melakukan meditasi atau aktivitas lain yang dapat mengurangi stres dapat membantu mengatasi perut mudah lapar.

BACA JUGA:8 Hal yang Bisa Menyebabkan Stres 

6. Metabolisme Tubuh Cepat

Metabolisme tubuh cepat dapat menyebabkan perut mudah lapar. Penelitian telah membuktikan bahwa metabolisme yang cepat akan membuat perut jadi mudah lapar. Oleh karena itu, mengatur pola makan dan aktivitas fisik dapat membantu mengatasi perut mudah lapar yang disebabkan oleh metabolisme tubuh cepat.

BACA JUGA:Dianggap Membawa Perasaan Tenang, Benarkah Merokok Bisa Menghilangkan Stress? 

Dengan memahami alasan ilmiah di atas, Anda dapat mengambil langkah untuk mengatasi perut mudah lapar dan mengembangkan pola makan yang lebih seimbang. (*)

Sumber: