Mitra Binaan TJSL PLN UIP JBTB Sabet 2 Penghargaan Gold dan Silver dalam ajang CSR dan PDB Awards Tahun 2024

Mitra Binaan TJSL PLN UIP JBTB Sabet 2 Penghargaan Gold dan Silver dalam ajang CSR dan PDB Awards Tahun 2024

PT PLN (Persero) - Program Pendidikan Bersinar Kampung Batara Papring-Banyuwangi.-Rahmad Hidayat-

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Siagakan 60 Petugas Imigrasi di Asrama Haji Sukolilo Layani CJH

“Puji Syukur Mitra Binaan PLN UIP JBTB mendapatkan kategori Gold dan silver pada dua kategori sekaligus, pada penghargaan bergengsi CSR dan PDB Awards 2024 ini, tidak lain berkat usaha bersama, bantuan dari PLN, sinergitas antara semua pihak, baik pihak Pemerintah setempat, Dinas terkait seperti dinas pendidikan dan lainnya, LPMK serta lokal hero dan seluruh komunitas yang memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan potensi komunitas selama 3 tahun dua program ini berjalan,” ucapnya. 

BACA JUGA:Satreskrim Polres Malang Gagalkan Pembalakan Liar

Program Pendidikan Bersinar Kampung Batara Papring yang meraih penghargaan Gold untuk kategori Pendidikan menunjukkan bahwa PLN bersama Sekolah Adat Kampung Batara Papring memiliki tujuan utama agar generasi emas saat ini bisa mengenal kampungnya melalui pendidikan yaitu kemampuan membaca untuk para warga dan generasi muda yang buta huruf.

BACA JUGA:Rasa Syukur Fataalia Bisa Berangkat Haji di Usia Muda

Program TJSL PLN Peduli Bersama Kampung Batara Papring mempunyai program bantuan utama yaitu pendidikan dan kerajinan (bambu dan kayu). Program TJSL PLN ini turut andil dalam keberhasilan pengentasan buta huruf yang dibuktikan dengan keluarnya 100 SUKMA (Surat Keterangan Melek Aksara) oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, sertifikat bahasa Inggris, pembangunan rumah budaya, rumah cerdas, rumah digital (videografi, pembuatan film dokumenter), pemberian sarana dan prasarana belajar seperti komputer yang digunakan untuk ujian para siswa, pelatihan kerajinan bambu, pelatihan dan pemberian alat produksi kerajinan kayu.

BACA JUGA:Detik-detik Kronologi Kecelakaan Bus Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok di Tanjakan Emen

Program Desa Wisata Kampus Kopi Banyuanyar yang meraih penghargaan Siver untuk kategori UMK menunjukkan bahwa PLN bersama BUMDes Banyuanyar memiliki tujuan mewujudkan Desa Banyuanyar sebagai Desa Wisata Kampung Kopi Susu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Banyuanyar Tahun 2019-2025. 

BACA JUGA:Demokrat Menunggu Pinangan Partai Pengusung

Setelah mendapat bantuan dari PLN, terdapat banyak peningkatan pada UMK Kampus Kopi Susu Banyuanyar, yakni meningkatnya keterampilan masyarakat dengan munculnya 9 UMK baru yaitu UMK Kuliner, Produk Madu dan Susu, Kebun Kopi, Kopi Barista, Keju dan Kopi Klasik, Kampung Homestay, Biofarmaka, Jahe, dan Ekraft . 

Munculnya PIRT dan Sertifikat halal Nomor ID33110002856930423 untuk produk Madu; Pendaftaran 3 merk dagang yaitu Kampus Kopi Banyuanyar, Omay Susu Cowboy, OVeJe Omah Varian Jahe. 

BACA JUGA:Er-Ji Kembalikan Formulir Pendaftaran, Muhaimin: Idealnya Eri Berpasangan dengan Kader PPP

Pemberian sarana dan Peningkatan skill SDM BUMDes di bidang fotografi dan videografi. Tersedianya sarana dan prasarana penunjang yang memadai dalam pengembangan desa wisata kopi susu. 

Keberhasilan lain dari binaan Program PLN Peduli ini adalah Desa Wisata Kampung Kopi Susu mengalami kenaikan jumlah pengunjung 30 kali lebih banyak sebelum mendapatkan bantuan program TJSL PLN. (*)

Sumber: