Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pj Wali Kota Iwan: Pancasila Penguat Kolaborasi Membangun Daerah

Selasa 01-10-2024,15:31 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Fatkhul Aziz

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM menyampaikan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober merupakan momentum untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam semangat membangun daerah.

Ini disampaikan Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan yang bertindak selaku inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Balai Kota Malang, Selasa 1 Oktober 2024. Upacara ini dihadiri jajaran Forkopimda Kota Malang dan kepala perangkat daerah, serta stakeholder terkait.

Menurutnya nilai ideologi ini adalah landasan tepat untuk mengawal proses mewujudkan Indonesia Emas 2045. Terlebih kesaktian Pancasila telah terbukti tetap berdiri kokoh dari berbagai ancaman yang ada di berbagai zaman.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Anugerah Anindhita Wistara Data

“Hari ini kita melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Ada harapan besar untuk Kota Malang, bagaimana Kota Malang bisa terus maju, sejahtera damai. Jajaran pemerintah untuk terus berkolaborasi, bersinergi, menguatkan dan merapatkan diri dengan stake holder untuk membangun Kota Malang. Termasuk masyarakatnya juga agar memiliki komitmen yang sama bersama pemerintah daerah,” kata Pj Wali Kota Iwan Kurniawan.

Pj Wali Kota Iwan mengajak untuk memaknai peringatan ini sebagai momen penguat semangat kebersamaan dalam rangka membangun daerah dan bangsa. Hal ini menjadi sejalan dengan tema Hari Kesaktian Pancasila, Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.

“Hari ini hari bersejarah, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri jajaran perangkat daerah, stakeholder, termasuk para pemuda. Kita bisa memaknai hari ini dengan hal-hal positif, hal-hal baik. Pesan saya berikan kontribusi untuk keluarga, sampai Kota Malang, provinsi hingga nasional. Dan untuk para pemuda, saya berharap agar memiliki semangat komitmen tinggi Untuk membangun bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Pj Wali Kota Malang.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Targetkan Data Sektoral Tuntas Desember 2024

Pj Wali Kota Iwan mengajak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam rangka membangun Indonesia menjadi semakin maju. Termasuk untuk menghormati para pejuang yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI pada 1965 silam.

“Dalam upacara kesaktian Pancasila ini mari kita mendoakan bersama para pejuang yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia. Yang masih hidup agar diberi kesehatan dan kebahagiaan. Dan yang telah gugur agar amal ibadahnya diterima, serta ditempatkan di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya. (pkp/ari)

Kategori :