Polisi Selidiki Pencurian di Toko Kelontong yang Terekam CCTV, Sempat Viral di Medsos

Jumat 12-07-2024,16:43 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MALANG, MEMORANDUM - Polres Malang melakukan penyelidikan intensif terhadap pria yang diduga melakukan aksi pencurian rokok di toko kelontong di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Kejadian tersebut terekam kamera closed circuit television (CCTV) dan video aksinya menjadi viral di media sosial (medsos).

BACA JUGA:Kandang Ayam Terbakar, Pemilik Alami Kerugian Rp 300 Juta 

Kasihumas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara membenarkan adanya insiden pencurian tersebut. Bahkan, menjelaskan bahwa pihaknya melalui Polsek Gondanglegi telah turun ke lokasi kejadian untuk melakukan investigasi dan mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi.

BACA JUGA:Lurah Banjar Sugihan Didesak Mundur oleh Warga 

"Betul anggota sudah turun ke lokasi untuk menangani kejadian dugaan pencurian di Kecamatan Gondanglegi," ujar Ipda Dicka saat dikonfirmasi di Mapolres Malang, Jumat 12 Juli 2024.

BACA JUGA:Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, Babinsa di Bojonegoro Bekali Bela Negara Pelajar SMP-SMA Islam Al Aly Kalitidu 

Dicka menjelaskan, bahwa peristiwa pencurian bermula ketika pemuda mendatangi kios kelontong milik EW (51), di Jalan Kejen, Desa Putat Kidul, Kecamatan Gondanglegi, Rabu 10 Juli 2024 sekitar pukul 18.50 WIB. Pemuda tersebut datang dengan mengendarai motor matic berwarna merah dan berpura-pura sebagai pembeli.

BACA JUGA:Jaga Silaturahim dan Kebugaran, Danbrigif 9/DY/2 Kostrad Olahraga Bersama PTPN V Banjarsari 

Ketika pemilik toko lengah, pemuda yang mengenakan jaket biru dan bertopi hijau itu dengan cepat mengambil enam bungkus rokok yang ada di dalam etalase. Setelah berhasil mengambil rokok, ia segera melarikan diri dengan motor berkecepatan tinggi.

BACA JUGA:Manchester United Datangkan Joshua Zirkzee dengan Mahar Rp 694,1 M 

Aksi pencurian tersebut dipergoki oleh penjaga toko yang kemudian berupaya mengejar pelaku, namun pelaku berhasil melarikan diri.

BACA JUGA:Ini Adalah 6 Pamali Saat Hendak Tidur, Apa Saja?

"Pelaku berpura-pura membeli, namun ternyata mengambil sejumlah rokok di etalase dan kemudian melarikan diri," kata, Dicka.

BACA JUGA:Gus Ipul Minta Masyarakat Pro Aktif Daftar BPJS Kesehatan 

Dari keterangan saksi pemilik toko, pelaku sempat mengambil enam bungkus rokok merk Surya isi 12 dan 16. Peristiwa tersebut kemudian diunggah ke media sosial Instagram dan menjadi viral.

BACA JUGA:Pemblokiran KK, DPRD Surabaya: Jangan Sampai Ganggu Layanan Primer Masyarakat 

Ipda Dicka menegaskan bahwa pihaknya kini tengah menyelidiki peristiwa ini lebih lanjut. Aksi pencurian tersebut sangat merugikan para pemilik toko kelontong yang sebagian besar adalah pedagang kecil yang mengandalkan penghidupan mereka dari usaha tersebut.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN UIN Surabaya Pasang Banner dan Plakat di Gunung Lemongan dengan Pendampingan Kapolsek Klakah 

Ia juga menyampaikan bahwa pihak kepolisian telah meningkatkan patroli dan melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, pihak kepolisian mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan segala bentuk kecurigaan atau kejadian kriminal melalui call center 110 agar informasi dapat segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Polres Tulungagung Tangkap Pemabuk Pemerkosa Anak Kandung 

"Masih dalam penyelidikan, kami juga akan meningkatkan patroli untuk mencegah kejadian serupa terulang," pungkas Dicka. (*)

Kategori :