Bangun Kemandirian Pangan dan Lestarikan Lingkungan, TNI dan Warga Bersinergi Tanam Padi dan Pohon

Bangun Kemandirian Pangan dan Lestarikan Lingkungan, TNI dan Warga Bersinergi Tanam Padi dan Pohon

TNI dan warga bersinergi tanam padi dan pohon.(sbo/jok)--

SIDOARJO, MEMORANDUM - Semangat gotong royong mewarnai kegiatan TMMD ke-120 tahun 2024 di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo. TNI dan masyarakat bahu-membahu menanam padi dan berbagai jenis pohon, mewujudkan sinergi yang indah dalam membangun kemandirian pangan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo, didampingi oleh Danramil 0816/10 Balongbendo Kapten Inf Hendro Sugiono, Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo Ibu Ir. Nurwanti Ningsih, Ahmad Farhan Jazuli, Kapolsek Balongbendo Kompol Hasim As'ari, Kepala Desa Penambangan Bapak Helmi Firmansyah, serta anggota terkait lainnya.

Diawali dengan penanaman padi secara simbolis oleh Dandim 0816/Sidoarjo dan Ketua Persit KCK Cabang XLIII Dim 0816, kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penanaman padi di area persawahan yang telah disiapkan.

BACA JUGA:Produksi Padi Januari-April di Ngawi Capai 312.127 Ton

Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo mengatakan, lebih dari sekadar menanam padi, kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam membangun kemandirian pangan di Desa Penambangan. Padi yang ditanam diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat lokal. 

"Sehingga mengurangi ketergantungan pada beras dari luar daerah," ujarnya.

Tak hanya padi, berbagai jenis pohon pun ditanam dalam kegiatan ini. Pohon mangga, jambu, dan kelengkeng menghiasi area persawahan, menghadirkan nuansa hijau yang menyejukkan mata.

BACA JUGA:Disperta Kabupaten Madiun Klaim Produksi Padi Januari-April Tembus 182.060 Ton

Penanaman pohon ini bukan hanya mempercantik lingkungan, tetapi juga memiliki manfaat ekologis yang penting. Pohon membantu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga menjaga kualitas udara dan memerangi perubahan iklim.

Menurutnya, keberhasilan kegiatan ini tak lepas dari sinergi yang solid antara TNI dan masyarakat. TNI, dengan keahlian dan dedikasinya, mengarahkan dan membantu masyarakat dalam proses penanaman. Sedangkan masyarakat, dengan semangat gotong royong, berbondong-bondong hadir untuk berpartisipasi.

"Termasuk dalam membangun kemandirian pangan dan menjaga kelestarian lingkungan," ungkapnya.

BACA JUGA:Mentan RI Launching Padi IPB 9 Garuda di Lamongan

Kegiatan TMMD di Desa Penambangan bukan hanya sebatas penanaman padi dan pohon. Lebih dari itu, kegiatan ini merupakan simbol kolaborasi dan komitmen bersama antara TNI dan masyarakat untuk membangun masa depan yang lebih baik.(sbo/jok)

Sumber: