Berebut Tiket Olimpiade! Garuda Muda vs Gajah Nasional, Siapa yang Akan Mencetak Sejarah Kembali

Berebut Tiket Olimpiade! Garuda Muda vs Gajah Nasional, Siapa yang Akan Mencetak Sejarah Kembali

Guinea vs timnas indonesia--Bolasport

MEMORANDUM - Indonesia ternyata bukan tak pernah mengikuti ajang Olimpiade. Pada tahun 1956 Indonesia pertama kali mengikuti ajang Olimpiade yang saat itu berlangsung di  Melbourne, 29 November 1956.

Olahraga multicabang ini menjadi salah satu ajang bergengsi. Hanya ada 11 tim yang ikut dalam cabor sepak bola Olimpiade 1956. Kala itu, peserta cabor sepak bola hanya datang dari benua Eropa, Amerika, dan Asia. Tak ada wakil Afrika di ajang ini.

BACA JUGA:Profil Negara Guinea : Agama Mayoritas, Jumlah Penduduk hingga Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia

Kini, tiket untuk maju ke Olimpiade kembali terbuka. Meski Indonesia gagal menang di laga semifinal piala asia 2024 sebagai ajang kualifikasi Olimpiade paris 2024.

Peluang terakhir Indonesia untuk mendapatkan tiket Olimpiade yaitu melalui laga play-off antar konfederasi melawan  Guinea U23, wakil Afrika.

Dan kini Timnas Indonesia yang berjuluk Garuda Muda itu akan melakoni pertandingan melawan Tim sepak bola Guinea yang dijuluki syli nationale (Gajah Nasional) pada Kamis, 9 Mei 2024, guna memperebutkan satu tiket Olimpiade 2024.

BACA JUGA:Persiapan Playoff Olimpiade 2024 Indonesia U-23 vs Guinea, STY Fokus Jaga Kebugaran Pemain

Perlu diketahui, pencapaian terbaik sepak bola Guinea salah satunya adalah lolos ke Olimpiade 1968, yang berlangsung di Meksiko. 

Sama seperti Indonesia, yang lolos Olimpiade juga baru 1 kali yaitu di Melbourne 1956. Pada edisi 1968, Guinea lolos melalui jalur kualifikasi Afrika.

Akankah Indonesia mengulang sejarah menjadi tim yang lolos ke Olimpiade? Atau wakil Afrika ini yang akan mengulang sejarah itu.

Sumber: