Banyak Pertanyaan, Berikut adalah Beberapa Teori yang Ada di Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar

Banyak Pertanyaan, Berikut adalah Beberapa Teori yang Ada di Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar

Seperti pada film-film nya yang lain, Joko Anwar sebagai sutradara film Siksa Kubur telah menimbulkan berbagai teori dalam filmnya.--

MEMORANDUM - Film Siksa Kubur ini tayang di bioskop pada 11 April lalu dan sudah meraup lebih dari 3 juta penonton. Seperti pada Film-Film nya yang lain, Joko Anwar sebagai sutradara Film Siksa Kubur telah menimbulkan berbagai teori dalam filmnya. Apa sajakah itu?

1. Adil dan Sita Telah Meninggal

Untuk beberapa penonton awam akan mengira bahwa dua tokoh utama dalam film Siksa Kubur yaitu Adil dan Sita akhirnya selamat dan bertaubat. Namun, untuk penonton yang kritis terhadap petunjuk-petunjuk dalam filmnya akan memiliki pendapat lain.

BACA JUGA:Sudah Lebih dari 3 Juta Penonton! Inilah Alasan Mengapa Film Badarawuhi di Desa Penari Begitu Diminati

Penonton berspekulasi bahwa Sita dan Adil telah meninggal pada pertengahan film. Lebih tepatnya pada adegan ketika Sita pertama kali masuk ke kuburan Pak Wahyu. Sita meninggal karena kehabisan oksigen di dalam kubur, sedangkan Adil meninggal karena digigit ular. Jadi, terror-terror yang diterima oleh mereka sepanjang film adalah gambaran dari siksa kubur mereka. 

BACA JUGA:Pesta Gol 4-0 di Kandang Brighton, Manchester City Beri Tekanan Arsenal

Petunjuk besar telah disampaikan beberapa kali lewat monolog Pak Wahyu dalam film yaitu siksaan paling menyakitkan adalah tergantung apa yang paling ditakuti. Karena Sita takut akan hal-hal gaib dan siksa kubur ternyata benar, hal tersebut diwujudkan dari terror-terror yang menghampirinya di pertengahan sampai akhir film sebagai bentuk siksa kuburnya.

2. Adil adalah Pengidap Nekrofilia

Tokoh Adil yang diperankan oleh Reza Rahadian terasa sedikit aneh dan misterius. Tak sedikit penonton yang beranggapan Adil ini adalah pengidap Nekrofilia atau sebuah kelainan seksual yang membuat pengidapnya menikmati berhubungan dengan mayat.

Petunjuk-petunjuk yang menguatkan argumen tersebut adalah ketika adegan Adil diusir istrinya dari tempat mereka tinggal. Istrinya mengeluh pada Adil bahwa Adil lebih suka untuk bergaul dengan mayat. Lalu kalimat lain yang diucapkan istrinya adalah bahwa selain nafkah uang, dia juga butuh nafkah batin.

Apa yang menyebabkan Adil mengidap Nekrofilia? Banyak penonton beranggapan hal tersebut terjadi akibat trauma masa kecil Adil ketika dilecehkan oleh Pak Slamet/ Pak Wahyu.

3. Keterkaitan dengan Film Jokan yang Lain

Joko Anwar sendiri telah mengonfirmasi bahwa ada satu petunjuk di film Siska Kubur "Aku cuma mau bilang di Siksa Kubur perhatikan pohonnya," kata Joko kepada Folkative. Pohon yang dimaksud mirip dengan sebuah lukisan di film Pengabdi Setan 2.

Lalu ada kematian tokoh Nani yang diperankan oleh Christine Hakim ada kaitannya dengan film Perempuan Tanah Jahannam. Hal tersebut karena tokoh Christine Hakim pada film Perempuan Tanah Jahannam memerankan tokoh Nyi Misni yang sering menguliti perempuan untuk ritual

Sumber: