Bahaya Tersembunyi di Balik Kelezatan: Hindari Dampak Fatal dari Konsumsi Gula Berlebihan

Bahaya Tersembunyi di Balik Kelezatan: Hindari Dampak Fatal dari Konsumsi Gula Berlebihan

-freepik-

MEMORANDUM - Semua orang pasti suka dengan hidangan manis seperti donat, permen, puding, atau es krim. Rasanya yang lezat memang menggoda, tapi penting untuk diketahui jika mengonsumsi gula berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini

Salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan cara membatasi asupan gula. Berikut beberapa dampak jangka panjang yang dapat terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

1. Obesitas dan Gangguan Metabolisme

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan obesitas, di mana berat badan berlebih mengganggu kesehatan. Makanan manis hanya membuat tubuh semakin lapar dan mendorong konsumsi dalam porsi besar, terutama pada makanan cepat saji yang tinggi garam.

Hal ini memicu penumpukan kalori dan gula dalam tubuh, serta memperlambat metabolisme.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

2. Diabetes dan Kerusakan Organ

Konsumsi gula berlebihan dapat mengganggu hormon insulin, sehingga insulin tidak berfungsi dengan baik dan kadar gula dalam darah terus meningkat. Hal ini dapat memicu diabetes dan berbagai komplikasi kesehatan lainnya, seperti kerusakan organ hati dan pankreas.

BACA JUGA:Kunjungi Kantah Surabaya I, Menteri ATR/Kepala BPN Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan yang Ada

3. Gangguan Tidur dan Kelelahan

Mengonsumsi makanan manis di malam hari dapat meningkatkan energi tubuh, membuat Anda bersemangat dan sulit tidur. Padahal, tidur malam penting untuk istirahat dan pemulihan tubuh.

Jika dibiarkan terus menerus, jam tidur Anda akan kacau dan tubuh mudah lelah karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Sumber: