Pilkada Surabaya, Demokrat Bidik Calon Wali Kota yang Pro Rakyat

Pilkada Surabaya, Demokrat Bidik Calon Wali Kota yang Pro Rakyat

Ketua Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Jelang pilkada, Partai Demokrat Surabaya akan mengusung sosok yang layak menjadi calon wali kota (cawali).

Disampaikan Ketua Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari, ada dua kriteria yang akan dijadikan acuan dalam memilih cawali.

Pertama, sosok tersebut dekat dengan rakyat. Menurutnya, sosok seperti ini diperlukan agar wali kota Surabaya mendatang peduli dengan rakyat.

BACA JUGA:Pemkot Surabaya Sediakan Hampers Lebaran di SKG dengan Harga Terjangkau

"Cawali yang pro rakyat tentu tidak semata dilihat dari ucapannya, namun kita harus telusuri rekam jejaknya dan kiprahnya selama ini, khususnya kepeduliannya kepada rakyat," terang Ning Lucy, sapaan karib Lucy Kurniasari, Rabu, 20 Maret 2024.

BACA JUGA:DPKP Kota Batu Fokus Program Prioritas Senilai Rp 27,8 Miliar

Kedua, Demokrat akan memberikan dukungannya kepada sosok yang akan diterima warga Kota Pahlawan. Tolok ukurnya dapat dilihat dari hasil Pileg 2024.

"Partai Demokrat tentu membidik caleg Kota Surabaya yang meraih suara terbanyak, anggota DPRD sudah empat periode dari dapil lima," ungkap Lucy yang kini aktif sebagai anggota Komisi IX DPR RI ini.

Oleh sebab itu, Lucy menegaskan bahwa Partai Demokrat akan melakukan seleksi cawali mendatang dengan dua kriteria tersebut. Apabila dua kriteria tersebut tidak terpenuhi, maka sosok tersebut tidak akan diusung oleh partai berlambang bintang mercy tersebut.

"Jadi, Partai Demokrat Surabaya tentu tidak akan mengusung yang suaranya minimalis pada Pileg 2024, tidak pernah turun ke masyarakat, hanya tebar pesona melalui pemasangan gambar tanpa prestasi. Sosok seperti ini tentunya tidak berpeluang menang dalam pilwali mendatang," pungkas Ning Surabaya tahun 1986 ini. 

Seperti diketahui, ada dua sosok dari Demokrat yang diisukan maju dalam kontestasi Pilwali Surabaya. Yakni, Herlina Harsono Nyoto dan M Machmud. Namun tampaknya sosok yang memenuhi kriteria adalah M Machmud. 

Machmud, mantan wartawan Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum merupakan anggota dewan empat kali berturut-turut. Caleg dapil 5 ini juga berhasil meraih suara tertinggi pada Pileg 2024. Raihan 17.066 suaranya menempatkan Machmud di posisi nomor satu dari 50 anggota DPRD Surabaya periode 2024-2029. (bin)

Sumber: