Efek Ekor Jas Pilpres 2024, PKB Peraih 27 Kursi DPRD Jatim

Efek Ekor Jas Pilpres 2024, PKB Peraih 27 Kursi DPRD Jatim

Efek Ekor Jas Pilpres 2024, PKB Peraih 27 Kursi DPRD Jatim.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) unggul perolehan kursi di DPRD Jawa Timur dari partai politik peserta Pemilu 2024. Posisi kedua diisi PDI Perjuangan, dan disusul Partai Gerindra, Golkar, Demokrat dan NasDem, PKS, PAN, PPP, dan PSI. Sebanyak 10 partai politik mendapat 120 kursi DPRD Jatim. Sebelumnya, KPU Jatim sudah merampungkan rekapitulasi suara untuk tingkat provinsi Jawa Timur. 

Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi menyebut, dilihat dari target yang sebelumnya dicanangkan, perolehan 27 kursi itu sebetulnya belum optimal. Meski begitu, “Hasil itu patut disyukuri. Apalagi, berstatus peraih kursi terbanyak,” kata Fauzan, Selasa 12 Maret 2024.

BACA JUGA:Pemilu 2024, Demokrat Capai Target Kursi DPRD, PKB Meleset

Dari hasil konversi suara menjadi kursi melalui penghitungan sainte lague, PKB menjadi partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Jatim untuk periode 2024-2029. Dari hasil rekapitulasi suara, PKB mendapat 27 kursi yang tersebar di 14 daerah pemilihan atau dapil di Jawa Timur. 

BACA JUGA:PDI-P Taklukkan PKB, Berikut Nama Caleg Diprediksi Lolos DPRD Sumenep

PKB nyaris rata mendapat dua kursi. Hanya di Dapil Jatim I (Kota Surabaya) dan Dapil Jatim 8 (Kediri Raya) yang  mendapat 1 kursi. Sedangkan di dapil Jatim 4 atau kawasan Tapal Kuda PKB berhasil merebut 3 kursi.  Dibanding Pemilu 2019, jumlah PKB naik dua kursi. Sebab sebelumnya mereka mendapat 25 kursi DPRD Jatim. 

Pada Pemilu 2019, PKB memiliki suara besar namun tidak linier dengan perolehan kursi sehingga kalah dari PDIP di DPRD Jatim. "Pemilu 2024 rasanya lega PKB kembali juara dan mengenakan kembali mahkotanya. Perolehan suara juara, perolehan kursi pun juara," kata Fauzan.

Dalam penjelasan Fauzan belum lama ini, ada banyak faktor yang dibaca mengapa tren kursi PKB naik. Salah satu faktor utama adalah efek ekor jas Pilpres 2024. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjadi salah satu kontestan. 

Meski Pilpres belum menang, namun proses pemenangan di internal kader disebut optimal sehingga mendongkrak upaya pemenangan Pileg. Lebih jauh Fauzan membaca, perolehan kursi ini sebagai dukungan dari para pemilih loyal PKB. 

"Terima kasih kepada semua yang sayang dengan PKB. Para ulama, kiai, bu nyai, gawagis dan nawaning, para santri, loyalis, caleg-caleg PKB di semua level, kontribusi mereka semua adalah saksi sejarah kembalinya tropi kemenangan ke pangkuan PKB," ujarnya. (day)

Sumber: