Pastikan Situasi Kondusif, Polres Tulungagung Patroli Jelang Sahur

Pastikan Situasi Kondusif, Polres Tulungagung Patroli Jelang Sahur

Iptu Mujiatno.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Guna mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukumnya saat bulan puasa, Polres Tulungagung dan polsek jajaran bersama - sama melakukan patroli. Termasuk patroli menjelang sahur.

Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Kasi Humas Iptu Mujiatno menyampaikan, petugas berpatroli menyasar sejumlah tempat. Diantaranya pemukiman penduduk serta lokasi - lokasi yang biasa dilewati oleh anak muda melakukan ronda atau sahur on the road (SOTR) membangunkan warga untuk makan sahur.

SOTR perlu diantisipasi karena, pengalaman tahun lalu para pelakunya acap kali menggunakan sound sistem bersuara keras yang justru mengganggu kenyamanan masyarakat. 

Selain itu, tahun lalu juga ditemukan para pelaku SOTR menggunakan atribut perguruan silat, sehingga dapat memicu konflik dengan kelompok lainnya.

BACA JUGA:Ajak Tertib Berlalulintas, Satlantas Polres Tulungagung Sosialisasi Operasi Keselamatan Semeru 2024

Maka melalui patroli menjelang sahur, Polres Tulungagung dan polsek jajaran hadir untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Hal ini kami lakukan untuk memberikan jaminan kepastian keamanan dan kenyamanan bagi warga masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” terang Iptu Mujiatno, Selasa 12 Maret 2024.

Iptu Mujiatno melanjutkan, dengan hadirnya polisi berpatroli menjelang sahur, diharapkan masyarakat merasa aman serta tidak akan lagi was-was saat beraktifitas maupun ketika beristirahat.

"Kami mengimbau janganlah melakukan ronda sahur menggunakan sound sistem yang berlebihan. Karena sangat mengganggu masyarakat dan berpotensi terjadinya gesekan antar kelompok. Manfaatkan sarana komunikasi yang ada, atau gunakan sound sistem di masjid atau musala untuk membangunkan orang yang akan sahur," pungkasnya. (mad)

Sumber: