Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Pasuruan Dibuka

Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Pasuruan Dibuka

Tim Seleksi wilayah Jatim 4 saat hadir untuk sosialisasi pendaftaran Bakal Calon Anggota KPU di daerah Kab/Kota Pasuruan, Kota Probolinggo dan Malang.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Keberlanjutan lembaga penyelenggara Pemilu menjadi keharusan. Oleh karena itu, para Tim Seleksi (Timsel) KPU kabupaten/kota wilayah Jatim 4 hadir juga di wilayah Pasuruan. Sebelumnya, Timsel sudah sosialisasi di wilayah Malang. 

Empat Timsel hadir langsung di KPU Kabupaten Pasuruan di wilayah Pogar Bangil. Mereka adalah Yuventia Prisca (Ketua timsel) didampingi tiga anggotanya yakni, Titin Wahyuningsih, Mukhammad Kholid Mawardi, dan Herlinda. Sementara, satu anggota Laily Lutfiyah hadir secara daring bersama para peserta zoom meeting lainnya. 

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Gelar Candra, Resmikan Omah Rembug Semeru

“Hari ini kami hadir disini untuk sosialisasi pendaftaran bakal calon anggota KPU Kabupaten Pasuruan, KPU Kota Pasuruan dan KPU Kota Probolinggo,” ujar Yuventia Prisca kepada awak media pada Jumat (8/3). 

BACA JUGA:Satlantas Polres Pasuruan Gencar Operasi Keselamatan Semeru 2024

KPU membuka pendaftaran untuk calon anggota kabupaten/kota periode 2024-2029. Menyusul, masa jabatan komisioner KPU periode 2019-2024 yang bakal segera berakhir.

Yuventia Prisca menyampaikan pembukaan pendaftaran selama 12 hari. Yaitu mulai pada 8-19 Maret 2024. “Masa pendaftarannya mulai tanggal 8 Maret 2024 atau hari ini. Jika nanti sudah memenuhi kuota pendaftar, maka tidak diperlukan lagi perpanjangan pendaftaran,” ujarnya.

Disebutkan, semua peserta yang mengikuti seleksi dipersilahkan untuk melengkapi dokumen pendaftaran sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 4 tahun 2024 tentang seleksi anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota.

Untuk pengajuan berkas dapat diakses melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) melalui website https://siakba.kpu.go.id. Adapun tata cara pengiriman dokumen pendaftaran adalah dokumen digital yang diunggah melalui SIAKBA. Sementara dokumen fisik dikirimkan ke Sekretariat Timsel di Hotel Novotel Samator Surabaya Ruang Argon 1. 

Salah satu timsel, Kholid Mawardi memaparkan jadwal tahapan seleksi yang sudah sesuai ketentuan. Mulai dari pengumuman pendaftaran, lalu pendaftaran (8-19 Maret), penelitian administrasi (8 -26 Maret), perpanjangan pendaftaran (jika perlu atau belum memenuhi kuota), penetapan hasil administrasi (27 Maret), pengumuman hasil penelitian administrasi (28-30 Maret). 

Selanjutnya mereka yang dinyatakan lolos, berhak mengikuti seleksi tertulis dan psikologi (31 Maret-5 April), pentapan hasil seleksi tertulis dan psikologi (6-7 April), pengumuman hasil seleksi tertulis dan tes psikologi (8-9 April) serta meminta masukan atau tanggapan masyarakat (8-13 April). 

Selanjutnya akan dilakukan tes Kesehatan dan wawancara. Hingga diumumkan hasil seleksi anggota KPU Kabupaten /Kota (26 April). Kemudian penyampaian nama calon anggota KPU Kabupaten/Kota dijadwalkan pada 26-28 April 2024. 

Timsel akan melakukan seleksi sampai dengan terpilih peserta yang masuk 10 besar. Selanjutnya, hasil 10 besar diserahkan ke KPU RI. “Kami akan melaksanakan seleksi secara profesional dan mengedepankan kejujuran dan keadilan,” tegasnya. 

Dalam seleksi ini juga akan diperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30%. Diharapkan masyarakat terlibat aktif dengan memberikan saran/ masukan terhadap calon anggota KPU kabupaten/kota untuk mendapatkan calon anggota KPU yang kredibel, jujur dan adil. (kd/mh)

Sumber: