Kenali Kandungan Skincare agar Sesuai dengan Kebutuhan Kulit dan Tidak Salah Pilih

Kenali Kandungan Skincare agar Sesuai dengan Kebutuhan Kulit dan Tidak Salah Pilih

Kenali Kandungan Skincare--

SURABAYA, MEMORANDUM – Kandungan skincare memiliki manfaatnya masing-masing, sehingga perlu untuk menyesuaikan kandungan skincare sesuai kebutuhan kulit.

Berbagai permasalahan kulit dapat diatasi jika memilih produk yang memiliki kandungan yang sesuai. Sebagai pemula, bisa difokuskan pada satu permasalahan kulit terlebih dahulu. Misalnya saja sedang berjerawat dan kusam, lebih fokuskan menggunakan produk acne yang bisa mencerahkan.

BACA JUGA:Polda Jatim Gerebek Gudang Pemalsuan Skincare di Surabaya

Berikut adalah beberapa kandungan produk skincare beserta fungsinya yang perlu kamu ketahui:

1. Vitamin C: mencerahkan kulit (semua jenis kulit)

Umumnya, produk skincare yang mengandung vitamin C akan menyebutkan konsentrasi vitamin C di dalamnya, yang bisa bervariasi dari produk ke produk.

Penting untuk diingat bahwa produk skincare dengan kandungan vitamin C bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, terutama pada konsentrasi yang tinggi atau jika digunakan terlalu sering. Oleh karena itu, disarankan untuk menguji produk baru di area kecil kulit terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya secara keseluruhan, dan konsultasikan dengan dermatologis jika diperlukan.

2. Salicylic acid: mengatasi jerawat dan iritasi, menguragi minyak (kulit berjerawat)

Salicylic acid adalah salah satu bahan yang umum digunakan dalam produk perawatan kulit, terutama untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo.  Meskipun salicylic acid memiliki banyak manfaat, penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan kulit dapat menyebabkan iritasi dan pengelupasan berlebihan. Mulai dengan konsentrasi rendah dan perlahan-lahan meningkatkan penggunaannya sesuai dengan kulit anda.

BACA JUGA:Kasus Motivator Mario Teguh, Polisi Panggil Empat Saksi dan Akan Kirim Sampel Skincare ke BPOM

3. Niacinamide: mencerahkan kulit dan memperkuat skinbarirrier (semua jenis kulit)

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa niacinamide memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit.

4. Retinol: mengecilkan pori-pori, menyamarkan garis-garis halus (semua jenis kulit)

Penggunaan retinol dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga penting untuk selalu menggunakan tabir surya saat menggunakan produk retinol. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami iritasi atau kemerahan saat menggunakan retinol, terutama pada awal penggunaan. Mulailah ketika basic skincare yang kamu gunakan sudah benar dan mulai dari presentase paling rendah.

Sumber: