Inilah 6 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Ginjal supaya Tetap Sehat Tanpa Minum Obat

Inilah 6 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Ginjal supaya Tetap Sehat Tanpa Minum Obat

Ginjal--

SURABAYA, MEMORANDUM - Ginjal adalah organ penting yang berperan penting dalam menyaring zat beracun di tubuh. Jika tidak dijaga dengan baik, bukan tidak mungkin Anda berisiko terkena penyakit ginjal.

 

Salah satu cara mencegah penyakit ginjal adalah menjaga organ yang berbentu kacang ini tetap sehat. Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan dan tidak sedikit pula yang harus dikurangi agar ginjal dapat bekerja secara optimal. 

 

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat ginjal tetap sehat.

 

1. Pola makan sehat

Menjalani pola makan yang sehat telah terbukti memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk kesehatan ginjal.

 

Perlu diingat bahwa ada beberapa jenis sayur dan buah yang ternyata baik untuk kesehatan ginjal, seperti:

  • buah ceri yang rendah kalium dapat mengendalikan keasaman di tubuh
  • sayuran rendah kalium, seperti kol, lobak, dan terong untuk menyeimbangkan mineral kalium
  • apel yang kaya akan antioksidan dan rendah kalium tidak memberatkan kerja ginjal

Selain meningkatkan asupan buah dan sayuran, ada beberapa cara lainnya untuk menyehatkan ginjal dan terhindar dari penyakit, yaitu:

  • Membatasi asupan garam
  • Diet rendah protein

 

2. Penuhi kebutuhan cairan

Sering disepelekan, minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal, lho. Cara menyehatkan ginjal yang satu ini cukup alami dan bisa digunakan untuk mencegah penyakit. 

BACA JUGA:Ini Dia Beberapa Minuman yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Merusak Ginjal Anda

3. Rutin berolahraga

Sudah bukan rahasia umum lagi jika rutin berolahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal.

 

Pasalnya, olahraga teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal.

 

4. Tidak sembarang minum obat dan vitamin

Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak dapat merusak ginjal Anda. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Obat-obatan seperti obat NSAID dan pencahar perlu diminum seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal Anda.

 

5. Berhenti merokok

Bagi para perokok mungkin sudah saatnya untuk berhenti karena kandungan dalam rokok memang terbukti dapat merusak tubuh, termasuk fungsi ginjal. Begini, zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah.

 

Akibatnya, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal. Maka itu, sebaiknya berhentilah merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

 

6. Membatasi minum minuman beralkohol

Bahaya dari alkohol memang berdampak cukup besar terhadap kesehatan. Berbagai kerusakan bisa terjadi jika Anda tidak membatasi alkohol yang masuk ke tubuh, termasuk penurunan fungsi ginjal.

 

Hal ini dikarenakan efek diuretik pada alkohol bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi. Akibatnya, ginjal sulit mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan ion natrium, kalium, dan klorida. Jika hal tersebut terjadi, tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi.

Sumber: