Sayang Dilewatkan, Berikut Ini 8 Pilihan Finger Food untuk Bayi

Sayang Dilewatkan, Berikut Ini 8 Pilihan Finger Food untuk Bayi

finger food--

SURABAYA, MEMORANDUM - Finger food sudah boleh diberikan kepada bayi ketika ia berusia 8–9 bulan. Pada usia ini, bayi juga umumnya sudah memiliki keinginan dan lebih siap untuk makan sendiri. Ukurang finger food yang aman diberikan kepada bayi adalah sebesar jari orang dewasa atau segenggamannya.

BACA JUGA:Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Pilihan Makanan Finger Food untuk Bayi

1. Sayuran rebus atau kukus

Sebagai permulaan, Bunda bisa memberikannya sayuran, seperti kentang, wortel, kembang kol, brokoli, atau ubi manis. Sebelum memberikannya, sayuran perlu dikukus atau direbus terlebih dahulu hingga lunak.

Setelah itu, potong kecil-kecil sayuran, sehingga dapat digenggam dengan mudah oleh Si Kecil. Sayuran rebus sebagai finger food dapat memberikan banyak nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi.

2. Buah potong

Beberapa jenis buah yang bisa dijadikan finger food Si Kecil adalah pisang, timun, alpukat, mangga, nanas, blewah, pir, dan semangka. Sebelum memberikannya sebagai makanan bayi 9 bulan, pastikan buah-buahan tersebut sudah dipotong kecil-kecil dan dibersihkan dari kulit serta bijinya.

BACA JUGA:Inilah Posisi Tidur agar Bayi Cepat Masuk Panggul

3. Roti panggang

Roti panggang bisa dijadikan menu finger food bagi bayi saat usianya sudah mulai beranjak lebih besar. Sama seperti makanan lainnya, roti panggang perlu dipotong kecil-kecil, agar Si Kecil bisa menggenggamnya dengan mudah.

4. Telur 

Telur adalah makanan yang kaya akan protein, kolin, vitamin B2, vitamin B12, dan folat yang baik untuk perkembangan bayi. Sebelum memberikan telur kepada Si Kecil, pastikan telurnya sudah dimasak hingga benar-benar matang.

Soalnya, telur setengah matang atau mentah masih mengandung bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan bayi keracunan.

Sumber: