Inilah 6 Jenis Makanan untuk Ibu Hamil agar Melahirkan Bayi Cerdas

Inilah 6 Jenis Makanan untuk Ibu Hamil agar Melahirkan Bayi Cerdas

ilustrasi bayi cerdas--

SURABAYA, MEMORANDUM -  Setiap nutrisi yang diperoleh ibu hamil melalui makanan juga akan diterima oleh janin.

Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tringgi, janin akan mendapat beragam nutrisi yang berperan penting untuk menunjang tumbuh kembangnya di dalam kandungan, termasuk perkembangan otak janin dan tingkat kecerdasannya kelak setelah ia dilahirkan.

BACA JUGA:Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Pilihan Makanan untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Telur ayam

Selain murah, telur ayam merupakan salah satu jenis makanan yang mudah diperoleh dan tentunya sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Telur ayam banyak mengandung protein, kolin, asam lemak omega-3, asam folat, serta beragam vitamin dan mineral.

2. Ikan

Beragam jenis ikan laut, seperti salmon, tuna, sarden, dan tenggiri, mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Kedua nutrisi tersebut memiliki peran besar dalam mendukung perkembangan saraf otak pada janin. Dengan demikian, peluang ibu hamil untuk melahirkan bayi pintar semakin tinggi.

BACA JUGA:Inilah Posisi Tidur agar Bayi Cepat Masuk Panggul

3. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein, vitamin B, dan zat besi yang baik untuk ibu hamil dan janin. Beberapa nutrisi tersebut dibutuhkan janin untuk membantu perkembangan otak, pembentukan jaringan tubuh, dan pertumbuhan ototnya.

4. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan sumber serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Jenis makanan ini dapat melancarkan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan mendukung tumbuh kembang janin agar ia dapat terlahir sebagai bayi yang pintar.

Sayur-sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil antara lain bayam, brokoli, sawi, paprika, dan wortel. Sementara itu, beberapa pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi saat hamil adalah pepaya, mangga, pisang, melon, apel, jeruk, dan tomat.

Sumber: