HBI Ke-74: Inovasi Lentera Keimigrasian Surabaya Resmi Diterapkan di Seluruh Kantor Imigrasi Se-Jatim

HBI Ke-74: Inovasi Lentera Keimigrasian Surabaya Resmi Diterapkan di Seluruh Kantor Imigrasi Se-Jatim

Bertepatan dengan momen puncak Hari Bhakti Imigrasi ke-74 yang dipusatkan di Kediri, inovasi layanan ini mendapatkan apresiasi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim Heni Yuwono. --

KEDIRI, MEMORANDUM-Inovasi andalan Imigrasi Surabaya yakni LENTERA KEIMIGRASIAN yang telah mendapat apresiasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka Hakordia 2023 yang lalu, saat ini menjadi percontohan bagi Kantor Imigrasi se-Jawa Timur. 

Bertepatan dengan momen puncak Hari Bhakti Imigrasi (HBi) ke-74 yang dipusatkan di Kediri, inovasi layanan ini mendapatkan apresiasi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim Heni Yuwono. 

Menurut Kakanwil Heni, inovasi ini merupakan bentuk peran serta pemerintah dalam rangka mendorong perekonomian nasional serta untuk menarik dan menumbuhkan investasi asing ke dalam negeri. 

BACA JUGA:Awali Tahun 2024, Kantor Imigrasi Surabaya Gelar Rapat Timpora untuk Pantau Orang Asing di Wilayah Kerja

Dengan LENTERA KEIMIGRASIAN, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kanwil Kemenkumham Jatim untuk membuka seluas-luasnya investasi asing di Indonesia, khususnya Jawa Timur.

BACA JUGA:Operasi JAGRATARA Imigrasi Surabaya, Temukan Satu Orang Asing Diduga Pelanggar Izin Tinggal

"Untuk itu kami siap memberikan pelayanan terbaik, khususnya bagi WNI yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri maupun WNA yang akan datang untuk menggeliatkan ekonomi," tutur Kakanwil Heni Yuwono selepas memimpin upacara dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-74. 

Terkait inovasi LENTERA KEIMIGRASIAN dirinya mengatakan bahwa inovasi seperti ini semestinya bisa diterapkan di seluruh kantor imigrasi seluruh Indonesia. Sehingga dapat membantu masyarakat untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan izin tinggal. 

Hal senada juga diutarakan oleh Chicco A. Muttaqin selaku Kepala Kantor Imigrasi Surabaya. Menurutnya, adanya LENTERA KEIMIGRASIAN, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan edukasi yang jelas terkait peraturan yang dinamis. Selain itu, layanan ini diharap mampu memberikan solusi kepada permasalahan para Warga Negara Asing (WNA) yang datang ke Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi dan merasa bangga karna inovasi yang telah lahir dari inovasi Kanim Surabaya menjadi role model utk kanim se Jawa timur. Ke depannya kami akan tingkatkan menjadi berbasis digital,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Surabaya Chicco A. Muttaqin.

Baik orang asing maupun penjamin dapat memanfaatkan layanan LENTERA KEIMIGRASIAN untuk mendapatkan informasi, edukasi dan literasi perihal izin tinggal orang asing serta peraturan keimigrasian lainnya. 

Masyarakat cukup datang ke Kantor Imigrasi dan akan dilayani oleh petugas yang berkompeten untuk menjawab pertanyaan dan memberikan edukasi seputar izin tinggal dan penegakan hukum keimigrasian. 

Saat ini bertepatan dengan Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim meresmikan inovasi LENTERA KEIMIGRASIAN di Kantor Imigrasi Kediri sekaligus menandai secara simbolis diterapkan LENTERA KEIMIGRASIAN di UPT Imigrasi se-Jawa Timur.(*)

 

Sumber: