Baterai Mobil LFP Vs Nikel, Lebih Unggul Mana? Berikut Ini Jawabannya

Baterai Mobil LFP Vs Nikel, Lebih Unggul Mana? Berikut Ini Jawabannya

Baterai Mobil LFP Vs Nikel, Lebih Unggul Mana? Berikut Ini Jawabannya--

BACA JUGA:Golkar Surabaya Bangga dengan Penampilan Gibran saat Debat Cawapres

2. Keunggulan Baterai Nikel 

Hanya mobil listrik Hyundai Ioniq 5 sebagai penerima manfaat insentif yang masih mempertahankan teknologi baterai baterai Lithium-Ion berbasis Nikel Mangan Cobalt (NMC). 

Merujuk situs resmi Hyundai Indonesia, baterai Lithium-Ion diklaim sebagai salah satu baterai terbaik yang bisa digunakan mobil listrik saat ini karena daya tahannya yang tinggi, energi padat, serta degradasi yang rendah. Konsorsium Hyundai pun telah membangun pabrik pack dan sel baterai di Indonesia. 

Adapun, produk lainnya, seperti teknologi mobil hybrid, juga mengandalkan baterai nikel. Hal ini seperti digunakan pada Innova Zenix Hybrid. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah membangun fasilitas perakitan baterai termasuk untuk Innova Zenix yang berbasis nikel (Ni-MH/Nickel Metal Hydrade).

 BACA JUGA:Gibran Awalnya Banyak Diremehkan di Debat, Ternyata…

BACA JUGA:3 Cawapres Kuasai Tema Debat

Dari sisi kinerja, baterai NMC biasanya memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi dibandingkan baterai LFP, yang berarti baterai tersebut dapat menyimpan lebih banyak energi dalam kemasan yang lebih kecil dan ringan. Mereka juga menawarkan keseimbangan yang baik antara kepadatan energi dan siklus hidup, sehingga cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk kendaraan listrik dan elektronik portabel.

 

Sumber: