Inilah 10 Buah Berwarna Kuning dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Inilah 10 Buah Berwarna Kuning dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Buah berwarna kuning--

SURABAYA, MEMORANDUM - Salah satu buah yang harus masuk dalam menu makan harianmu adalah buah berwarna kuning. Warna yang menyegarkan mata ini berasal dari karotenoid, yaitu senyawa antioksidan yang memberi pigmen kuning, jingga, dan merah cerah pada buah serta sayuran.

Karoten dan xantofil adalah jenis karotenoid yang paling banyak terdapat pada buah berwarna kuning. Karena mengandung antioksidan, sudah pasti manfaat yang diberikan tidak main-main. Antioksidan terkenal akan khasiatnya dalam menangkal radikal bebas berlebih penyebab penyakit kronis.

BACA JUGA:6 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Daftar Buah Berwarna Kuning dan Manfaatnya :

1. Lemon

Selain karotenoid, lemon juga mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. 

2. Pisang

Semakin matang buah pisang, semakin tinggi pula kandungan karotenoidnya. Menariknya lagi, buah berwarna kuning ini merupakan sumber vitamin B yang berperan dalam produksi sel darah merah. 

3. Nanas

Nanas dikemas dengan beragam nutrisi, seperti vitamin B dan vitamin C, karotenoid, mangan, serta kalium. 

BACA JUGA:Delima: Buah Super yang Mencegah Penuaan Dini dan Melindungi dari Radikal Bebas

4. Mangga

Kandungan karotenoid di dalam mangga membuatnya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan mata. Karotenoid yang terdapat dalam buah mangga adalah betakaroten, lutein, dan zeaxanthin.

5. Nangka

Sama seperti pisang, buah nangka matang memiliki karotenoid yang lebih tinggi dibandingkan nangka muda. 

6. Blewah

Buah berwarna kuning yang sering dihidangkan sebagai menu berbuka puasa ini tak hanya menawarkan kesegaran tetapi juga beragam nutrisi, seperti karotenoid, vitamin C, dan kalium. 

BACA JUGA:Tak Cuma Lezat, 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Jarang Disadari! Beragam Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Dapat Mengatasi Kram

7. Labu kuning

Labu kuning termasuk buah yang unik karena bisa dimakan dengan bijinya. 

8. Pir

Selain karotenoid, pir juga mengandung mineral tembaga yang membantu tubuh membentuk sel darah merah dan menyerap zat besi. 

9. Semangka kuning

Hal yang membedakan semangka kuning dan semangka merah adalah jenis antioksidannya. Jika antioksidan dalam semangka merah adalah likopen, semangka kuning justru mengandung karotenoid.

10. Jagung

Jagung terdiri dari beberapa jenis dan warna, tetapi yang paling banyak dikonsumsi adalah jagung kuning. Selain kaya karotenoid, buah berwarna kuning ini juga tinggi serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna.

Sumber: