Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Perkembangan Anak

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Perkembangan Anak

bengkoang--

SURABAYA, MEMORANDUM - Bengkoang merupakan salah satu jenis tanaman umbi yang hampir tidak pernah absen di dalam menu rujak. Selain nikmat dimakan langsung, bengkoang juga enak diolah menjadi salad, lumpia, dan tekwan.

Sayuran ini mengandung nutrisi makro dan mikro yang baik untuk menjaga kesehatan buah hati dan mendukung tumbuh kembangnya. Nutrisi makro yang dimaksud meliputi karbohidrat dan protein, sedangkan nutrisi mikro terdiri dari vitamin, mineral, dan serat.

BACA JUGA:Manfaat Ikan Tuna untuk Bayi yang Jarang Diketahui

Berikut Sederet Manfaat Bengkoang untuk Anak

1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kadar serat yang tinggi dalam bengkoang berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan anak. Serat mampu membuat tinja bergerak lebih lancar, sehingga anak terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sembelit.

2. Mencegah dehidrasi

Bengkoang termasuk sayuran yang kaya akan air. Bahkan, 85% dari kandungan bengkoang adalah air. Jadi, sayuran ini dapat Bunda manfaatkan sebagai tambahan asupan air untuk Si Kecil, terutama ketika ia sedang banyak berkeringat. Dengan begitu, Si Kecil akan terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA:Inilah Jenis-jenis Elektrolit Beserta Manfaatnya untuk Tubuh

BACA JUGA:Ketahui Manfaat dan Risiko Kopi Hijau Berikut Ini Sebelum Mengonsumsinya

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Anak-anak cenderung mudah sakit karena imunitasnya belum sekuat orang dewasa. Nah, guna meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, Bunda dianjurkan untuk memberikan buah atau sayur yang mengandung vitamin C, salah satunya bengkoang.

4. Meningkatkan fungsi otak

Walau jumlahnya sedikit, vitamin B6 pada bengkoang dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan anak. Vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak dan mood. Untuk memaksimalkan manfaat ini, Bunda bisa memberikan sumber vitamin B6 lainnya kepada Si Kecil, seperti pisang dan salmon.

Sumber: