Manfaat Ikan Tuna untuk Bayi yang Jarang Diketahui

Manfaat Ikan Tuna untuk Bayi yang Jarang Diketahui

ilustrasi daging tuna--

SURABAYA, MEMORANDUM - Tuna merupakan jenis ikan yang cukup populer karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi tumbuh kembang bayi. Sama seperti jenis ikan lainnya, tuna dapat diolah sebagai menu MPASI.

Ikan Tuna memiliki beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti protein, vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium, seng, selenium, dan kolin. Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3.

BACA JUGA:Tips Aman! Berikut Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Berikut ini adalah manfaat ikan tuna untuk bayi:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat ikan tuna untuk bayi yang pertama adalah memperkuat daya tahan tubuh. Soalnya, ikan yang satu ini mengandung seng dan vitamin D yang bisa memaksimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Dengan mengonsumsinya, Si Kecil jadi tidak mudah sakit.

2. Mendukung perkembangan otak

Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi ini memiliki peran besar dalam mendukung perkembangan saraf otak bayi. Dengan mencukupi asupan ini, Si Kecil akan tumbuh menjadi anak cerdas yang memiliki tingkat konsentrasi dan daya ingat tinggi.

BACA JUGA:Panduan Lengkap: Persiapan Naik Pesawat dengan Bayi untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain asam lemak omega-3, ikan tuna juga kaya akan vitamin B. Vitamin ini dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh Si Kecil, sehingga pembakaran lemak di dalam tubuhnya untuk menghasilkan energi dapat berlangsung lebih cepat.

4. Mencegah anemia

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa mengalami anemia. Anemia pada bayi tidak boleh dianggap sepele karena bisa menghambat tumbuh kembangnya, Agar kondisi ini tidak terjadi pada Si Kecil, seorang ibu bisa memberikannya ikan tuna.

BACA JUGA:Panduan Praktis: Cara Pijat Bayi yang Benar untuk Kesehatan dan Kenyamanan

Sumber: