Iwan Taruna Terpilih Lagi Jadi Rektor Unej, Kantongi 105 Suara

Iwan Taruna Terpilih Lagi Jadi Rektor Unej, Kantongi 105 Suara

Ketua Panitia Kerja Penjaringan Bacarek Unej, Dr Fendi Setyawan, S.H., M.H., didampingi oleh, Prof. Nawiyanto, M.A., Ph.D. Ketua Komisi I, Prof. Dr. Hairus Salikin, M.Ed. Ketua Komisi III, dan Prof. Dr. Drs. Hadi Prayitno, M.Kes Ketua Komisi IV,-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Ketua Senat Unej, Drs Andang Subaharianto MHum melalui Ketua Panitia Kerja Penjaringan Bacarek Unej, Dr Fendi Setyawan mengumumkan hasil tahapan pemilihan Rektor Unej JEMBER periode 2024-2028,  Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM terpilih dengan 105 Suara.

Sekretaris Senat sekaligus Ketua Panitia Kerja Penjaringan Bacarek Unej, Dr Fendi Setyawan, S.H., M.H., didampingi oleh, Prof. Nawiyanto, M.A., Ph.D. Ketua Komisi I, Prof. Dr. Hairus Salikin, M.Ed. Ketua Komisi III, dan Prof. Dr. Drs. Hadi Prayitno, M.Kes Ketua Komisi IV, dihadapkan para awak media, menjelaskan Sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 21 Tahun 2018, bahwa tahapan pengangkatan Pemimpin PTN terdiri atas Penjaringan bakal calon; Penyaringan calon; Pemilihan calon; dan Penetapan dan pelantikan.

Tahapan penjaringan bakal calon dan penyaringan calon Rektor telah dilalui dengan baik, dan menghasilkan 3 orang calon Rektor, yaitu Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM; Prof. Dr. Kahar Muzakhar, S.Si.; dan Prof. Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes.

Dari ketiga nama calon inilah yang hari ini dipilih dan  ditentukan siapa yang memperoleh dukungan suara terbanyak. Maka beliaulah yang nantinya akan ditetapkan dan dilantik oleh Menteri sebagai Rektor Universitas JEMBER untuk periode 2024-2028.

BACA JUGA:Fakultas Kedokteran Unej dan RSI At-Tin Husada Ngawi Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Tahapan Pemilihan Calon Rektor secara langsung dan tertutup dihadiri oleh Plt Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang mendapatkan mandat dan mewakili Menteri dan delapan puluh tiga anggota Senat Universitas.

Rapat dipimpin Sekretaris Senat atas nama Ketua karena Ketua Senat berhalangan hadir, sedang menjalankan Ibadah Umroh di tanah suci. Dari pemilihan yang telah dilakukan pada hari ini, Kamis 4 Januari 2024 mulai pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB.

"Diperoleh hasil penghitungan suara sebagai berikut: Dr. Ir. Iwan Taruna., M.Eng., IPM., memperoleh dukungan suara 105 sementara Prof. Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., memperoleh dukungan suara 22 sedangkan Prof. Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes., tidak memperoleh dukungan suara (nol)," urai Ketua Panitia Kerja Penjaringan Bacarek Unej, Kamis 4 Januari 2024.

Dr Fendi Setyawan menambahkan, dengan demikian, berdasarkan ketentuan Pasal 9 ayat (8) dan ayat (9) Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri, Calon Rektor dengan suara terbanyak ditetapkan sebagai calon Rektor terpilih.

BACA JUGA:Wujudkan Mimpi Memiliki RSPTN, Rektor Unej Tandai Pembangunan Tahap Pertama Senilai Rp 197,5 Miliar

"Untuk selanjutnya calon Rektor terpilih secepatnya akan diusulkan kepada Menteri untuk ditetapkan dan dilantik sebagai Rektor Universitas Jember untuk masa bhakti 2024-2028." pungkas Dr Fendi Setyawan.(edy)

Sumber: