Jadi Kado Akhir Tahun, Jumat Malam 46 Kades Terpilih di Pasuruan Dilantik

Jadi Kado Akhir Tahun, Jumat Malam 46 Kades Terpilih di Pasuruan Dilantik

Sebanyak 46 kades terpilih menjalankan gladi bersih di Gedung Mpu Sendok, Kamis, 28 Desember 2023.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Mengakhiri akhir tahun 2023 dan menyambut 2024 menjadi kado terindah para kepala desa (kades) terpilih di Kabupaten Pasuruan. 

Bagaimana tidak. Sebanyak 46 kades dalam pemilihan kepala desa serentak yang digelar pada 10 Oktober 2023, akhirnya bisa dilantik pada Jumat, 29 Desember 2023 malam. 

BACA JUGA:Kalahkan Incumbent, Tiga Kades Perempuan di Pasuruan Berjaya

Itu berarti, hampir tiga bulan para kades terpilih bersabar dalam masa penantian pelantikan yang bisa terealisasi Jumat malam nanti. 

Mereka yang dilantik akan menjabat sebagai kades selama 6 tahun. Sejak 2023-2029. Pelantikan kades akan digelar di Gedung Mpu Sendok, Kantor Graha Maslahat Pemkab Pasuruan

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan: Jadikan Pilkades tanpa Politik Uang

“Ya, kita persiapkan semuanya dengan baik. Makanya kita gelar gladi bersih saat ini,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pasuruan, Rido Nugroho didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Andarul Husni. 

BACA JUGA:Pemenang Pilkades Serentak di Pasuruan Jangan Euforia Berlebihan

Gladi bersih pada Kamis, 28 Desember 2023 diikuti hampir seluruh kades terpilih. Gladi dilakukan di Gedung Mpu Sendok dengan kawalan pihak protokol Pemkab Pasuruan. 

Untuk diambil sumpahnya, dua perwakilan kades diminta maju ke depan. Yakni dari Kades Amiril Mukminin dari Winong Gempol dan Wirya Aditya dari Wonokitri Tosari. Keduanya dianggap mewakili kades yang lain yang berbeda agama. Pelantikan sendiri akan dilakukan oleh Pj Bupati Pasuruan, Dr Andriyanto

BACA JUGA:Jelang Pilkades dan Pemilu, Warga Minta TNI/Polri Tetap Solid

“Kita lakukan pas tanggal 29 Desember, karena memang masa habisnya Kades pada tanggal tersebut. Kalau kita majukan sehari, tentu kita kena masalah. Kalau dimundurkan sehari pun, kita akan mengangkat penjabat sementara. Sehingga, pas tanggal 29 Desember itulah kita lakukan pelantikan,” imbuh Andarul. 

Jika dilihat dari nama-nama kades terpilih, dari 46 calon kades terpilih, 30 diantaranya merupakan kades dengan wajah baru. Sementara, 16 nama kepala desa merupakan incumbent atau terpilih kembali. 

BACA JUGA:Polres Pasuruan Ingatkan Pengamanan Pilkades saat Jumat Curhat

Sumber: