Jenis Sakit Mata yang Perlu Diwaspadai

Jenis Sakit Mata yang Perlu Diwaspadai

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Sakit mata bisa menimbulkan berbagai keluhan yang mengganggu, seperti mata merah, gatal, nyeri, hingga gangguan penglihatan. Beberapa jenis Sakit mata juga diketahui dapat menular melalui kontak fisik antarmanusia.

Sakit mata diartikan sebagai rasa tak nyaman yang terasa berada di dalam atau di sekitar area mata, baik salah satu atau keduanya. Biasanya, penderita merasakan ada yang mengganjal di mata, terasa gatal, perih, dan selalu berair.

BACA JUGA:Selain Terkenal Menjaga Kesehatan Mata Berikut Khasiat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Pada kasus yang ringan, kondisi seperti ini bisa ditangani dengan penggunaan obat tetes mata. Namun, pada beberapa kasus lainnya, ada beberapa jenis penyakit mata yang memerlukan pengobatan serius.

 

Penyakit Mata yang Sering Terjadi

Selain sakit mata ringan, ada beberapa jenis penyakit mata yang diketahui bisa menular ke orang lain. Kondisi ini tentunya memerlukan pengobatan serius. Jenis sakit mata tersebut meliputi:

 

Herpes Zoster Oftalmikus

Jenis sakit mata yang satu ini disebabkan oleh virus varicella-zoster. virus ini juga diketahui dapat menimbulkan herpes zoster atau cacar ular. Sakit mata yang disebabkan oleh virus ini dikenal dengan sebutan herpes zoster oftalmikus.

Kondisi ini dapat terjadi pada orang yang pernah terkena cacar air saat masih anak-anak. Infeksi virus ini biasanya akan menimbulkan gejala seperti:

• Mata merah

• Rasa sakit parah pada mata atau di sekitar salah satu mata, yang disertai dengan pembengkakan, sering kali, pada kelopak mata

• Ruam kemerahan dan rasa sakit pada kelopak mata, atau terkadang hingga di ujung hidung

Sumber: