11 Ciri-Ciri Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui, Apakah Anda Hamil?

11 Ciri-Ciri Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui, Apakah Anda Hamil?

-Ilustrasi-

Tidak semua ibu hamil merasakan gejala kehamilan di atas. Beberapa ibu hamil, terutama yang haidnya tidak teratur, bisa terlambat menyadari kehamilan. Dia baru sadar tengah hamil ketika merasakan ada gerakan di dalam perut.

Pergerakan janin umumnya mulai dapat dirasakan ketika kehamilan berusia 13–16 minggu. Namun, ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih atau baru pertama kali hamil bisa saja terlambat menyadari gerakan janin.

 

Pada awalnya, mungkin Bumil hanya akan merasakan denyutan atau getaran seperti ada gelembung di dalam perut. Gerakan pertama janin ini menjadi momen spesial bagi Bumil karena menegaskan adanya kehamilan dan menjadi salah satu ciri-ciri ada janin di dalam perut.

Dengan mengenali ciri-ciri ada janin di dalam perut, Anda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan lebih dini sehingga kesehatan ibu dan calon bayi juga dapat dipantau lebih awal.

 

Jadi, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa ciri-ciri ada janin di dalam perut seperti yang sudah dijelaskan, lakukan pemeriksaan kehamilan secara mandiri maupun ke dokter. (*)

Sumber: