Mengatasi Tantangan Menyapih Anak, Panduan 4 Langkah untuk Orang Tua

Mengatasi Tantangan Menyapih Anak, Panduan 4 Langkah untuk Orang Tua

-Ilustrasi-

Setelah memberikan makanan, Bunda juga bisa mengalihkan perhatiannya dengan melakukan aktivitas yang bisa membuatnya tertidur, seperti membacakan buku cerita.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak, Cegah Kecanduan Gadget yang Berlebihan

4. Berikan susu melalui botol atau cangkir

Coba berikan susu melalui botol dan kurangi pemberian ASI secara langsung. Bunda bisa menjelaskan kepada Si Kecil bahwa ketika sudah besar, ia harus mulai minum susu dengan menggunakan gelas.

Sebagian ibu menyusui ada yang memutuskan untuk menyapih anak lebih awal, yaitu ketika anak telah berusia 1 tahun lebih. Hal ini biasanya dikarenakan alasan mendesak, seperti pekerjaan atau alasan medis tertentu.

BACA JUGA:Dampak Buruk bagi Anak yang Sering Konsumsi Jajanan Mengandung MSG

Namun, Bunda tidak perlu berkecil hati. Bunda tetap bisa mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil dengan memberikannya makanan bergizi dan susu pengganti ASI, seperti susu sapi.

BACA JUGA:3 Tips Memilih Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah, Orangtua Wajib Tahu!

Jika sudah menerapkan cara menyapih anak seperti di atas, tetapi Si Kecil tetap menyusui lebih dari 2 tahun, Bunda tak perlu khawatir. Menyusui lebih dari 2 tahun atau extended breastfeeding tetap membawa manfaat, kok.

BACA JUGA:Parenting dalam Era Digital: Cara Mengatasi Tantangan dan Memastikan Keselamatan Anak

Apabila cara menyapih anak di atas belum berhasil dan Bunda terus mengalami kesulitan, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberikan saran terbaik agar proses menyapih Si Kecil dapat berjalan dengan lancar. (*)

Sumber: