Mengatasi Tantangan Menyapih Anak, Panduan 4 Langkah untuk Orang Tua

Mengatasi Tantangan Menyapih Anak, Panduan 4 Langkah untuk Orang Tua

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Tidak sedikit orang tua yang merasa kesulitan saat menyapih buah hatinya. Nah, ada beberapa cara menyapih anak yang bisa Bunda coba lakukan. Dengan begitu, Si Kecil akan merasa nyaman sehingga proses menyapih pun dapat berjalan lancar.

Sebenarnya, tidak ada patokan waktu atau usia yang tepat untuk menyapih anak. Namun, WHO merekomendasikan waktu terbaik untuk menyapih anak adalah saat usianya menginjak 2 tahun.

BACA JUGA:The Alana Surabaya Gelar Table Manner for Kids, Etika Makan untuk Anak-Anak

Alasannya, karena pemberian ASI eksklusif pada 2 tahun pertama kehidupan anak, sangat baik untuk menunjang dan mengoptimalkan pertumbuhannya.

Tanda Anak Siap Disapih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada patokan pasti kapan anak perlu disapih, sebab setiap anak memiliki kesiapan yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa tanda yang bisa dijadikan sebagai acuan Bunda untuk mulai menyapih Si Kecil, yaitu:

• Tidak tertarik atau rewel saat menyusu

• Durasi menyusu lebih pendek dari sebelumnya

• Sering memainkan puting, seperti digigit atau ditarik

• Perhatiannya mudah terganggu saat ada hal yang lebih menarik, seperti orang berbicara, makanan, atau mainan

BACA JUGA:Ketahui Pengaruh Musik Terhadap Perkembangan Psikologis Anak

Tanda yang telah disebutkan di atas dapat menjadi tolak ukur kesiapan anak untuk disapih. Bunda pun bisa memulai berbagai cara untuk menyapih. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat Bunda sebaiknya menunda untuk menyapih Si Kecil, yaitu:

• Bunda atau Si Kecil sedang sakit

• Si Kecil sedang tumbuh gigi

Sumber: