Menabjubkan! Berikut Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan, dan Ketahui Efek Sampingnya

Menabjubkan! Berikut Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan, dan Ketahui Efek Sampingnya

minyak ikan--

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah peradangan sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

BACA JUGA:Wow Ini Lho Bahaya Suhu Panas Matahari 38 Celcius Bagi Kesehatan Kulit

6. Mengoptimalkan kesehatan ibu hamil

Minyak ikan baik dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan lahir bayi.

7. Mencegah penyakit mata

Tidak hanya bermanfaat untuk organ hati atau otak, mengonsumsi minyak ikan juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat menurunkan risiko terkena penyakit mata, terutama pada orang lanjut usia.

8. Memperkuat imunitas tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 pada minyak ikan dapat membantu memperkuat sistem imun. Penelitian tersebut juga diperkuat dengan adanya temuan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan secara rutin memiliki gejala yang lebih ringan ketika tertular virus Covid-19.

BACA JUGA:Seminar Eksisi Kornea RS Mata Undaan Surabaya Diikuti 249 Peserta

Efek samping konsumsi minyak ikan

Meski memiliki banyak manfaat, namun konsumsi minyak ikan berlebihan dapat memiliki efek samping tertentu. Minyak ikan kemungkinan aman bagi kebanyakan orang dalam dosis 3 gram atau kurang setiap hari.

Mengonsumsi lebih dari 3 gram setiap hari dapat meningkatkan kemungkinan pendarahan.

Efek samping minyak ikan termasuk mulas, mencret, dan mimisan. Mengonsumsi suplemen minyak ikan saat makan atau membekukannya dapat mengurangi masalah ini.

Mengonsumsi minyak ikan dalam jumlah besar dari sumber makanan mungkin tidak aman. Beberapa ikan terkontaminasi merkuri dan bahan kimia lainnya. Suplemen minyak ikan biasanya tidak mengandung bahan kimia ini.

Sumber: