7 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Saat Paling Tepat Memohon kepada Allah

7 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Saat Paling Tepat Memohon kepada Allah

-Unsplash-

Azan merupakan seruan panggilan untuk beribadah kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan saat azan berkumandang juga diyakini sebagai doa yang mustajab.

"Dua perkara tidaklah ditolak, atau sangat jarang ditolak; doa ketika azan dan ketika perang saat pasukan membabat satu sama lain." (HR Abu Dawud)

BACA JUGA:Doa setelah Shalat Hajat Beserta Artinya

4. Pada Hari Jumat

Hari Jumat juga merupakan hari yang istimewa dalam Islam. Pada hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, termasuk berdoa.

Dari Abu Hurairah (diriwayatkan) bahwa Rasulullah saw bersabda, “Pada hari itu ada suatu waktu yang tidak dijumpai oleh seorang hamba muslim yang sedang shalat dengan berdoa memohon sesuatu kepada Allah kecuali akan dikabulkan doanya. [H.R. al-Bukhari].

BACA JUGA:Doa agar Cepat Dapat Pekerjaan Lengkap dengan Artinya

5. Antara Azan dan Iqamah

Selain saat azan, waktu antara adzan dan iqamah juga merupakan waktu yang baik dan mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT.

Dari Anas Ibn Malik diriwayatkan, Rasulullah saw bersabda, “Tidak akan tertolak doa yang dipanjatkan antara azan dan iqamah” [H.R. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ahmad].

BACA JUGA:Doa Masuk Rumah agar Berkah dan Selalu Dalam Lindungan Allah SWT, Lengkap dengan Artinya

6. Saat Sujud dalam Salat

Saat sujud dalam salat, kita berada dalam posisi yang paling dekat dengan Allah SWT. Oleh karena itu, doa yang dipanjatkan saat sujud juga diyakini lebih mustajab.

Dari Abu Hurairah diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Seorang hamba paling dekat dengan Tuhannya adalah tatkala ia sedang sujud, maka perbanyaklah berdoa (pada saat itu)”. [H.R. Muslim].

BACA JUGA:Doa yang Dianjurkan Ketika Mengalami Kesulitan Ekonomi

Sumber: