7 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Saat Paling Tepat Memohon kepada Allah

7 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Saat Paling Tepat Memohon kepada Allah

-Unsplash-

MEMORANDUM - Setiap manusia tentu memiliki keinginan dan harapan yang ingin dicapai dalam hidupnya. Salah satu cara untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah dengan berdoa.

Allah SWT telah berjanji untuk mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang tulus dan khusyuk. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar doa kita dikabulkan, salah satunya adalah waktu. Dalam Islam, ada beberapa waktu yang disebut sebagai waktu mustajab, yaitu waktu-waktu di mana doa lebih berpeluang untuk dikabulkan. 

BACA JUGA:Doa Memilih Pemimpin yang Amanah Jelang Pemilu 2024, agar Tidak Salah Pilih

Berikut ini adalah waktu-waktu mustajab untuk berdoa:

BACA JUGA:Doa Meluluhkan Hati Seseorang Menurut Ajaran Islam

1. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu sepertiga malam terakhir adalah waktu yang sangat istimewa. Pada saat itu, Allah SWT turun ke langit dunia dan mengabulkan segala doa hamba-Nya.

Dari Abu Hurairah (diriwayatkan), bahwa Rasulullah saw bersabda: Tuhan kami (Allah) tabaraka wa ta‘ala turun ke langit dunia setiap malam ketika sepertiga malam yang terakhir seraya berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka akan Aku ampuni [H.R. al-Bukhari dan Muslim, dengan lafaz al-Bukhari].

BACA JUGA:Doa Ketika Ditimpa Kesedihan dan Dukacita agar Hati Tenang

2. Saat Turun Hujan

Salah satu bentuk Rahmat yang diberikan Allah SWT adalah hujan. Saat hujan turun juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Doa-doa yang dipanjatkan saat hujan turun akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan,”Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan,  Bertemunya dua pasukan, Menjelang shalat dilaksanakan, dan Saat hujan turun.”

BACA JUGA:Doa Agar Diberikan Jodoh Terbaik, Arab, Latin dan Artinya

3. Saat azan berkumandang

Sumber: