7 Jenis Olahraga untuk Menambah Berat Badan yang Efektif dan Aman

7 Jenis Olahraga untuk Menambah Berat Badan yang Efektif dan Aman

7 Jenis Olahraga untuk Menambah Berat Badan yang Efektif dan Aman-Unsplash-

MEMORANDUM - Memperoleh berat badan yang ideal bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

Namun, bagi mereka yang menginginkan penambahan berat badan untuk tujuan tertentu, seperti peningkatan massa otot atau lemak tubuh, diperlukan pendekatan yang sehat dan aman.

Penambahan berat badan secara sehat dan aman dapat dicapai dengan kombinasi olahraga dan pola makan yang tepat.

Olahraga yang dipilih sebaiknya dapat membangun massa otot, sementara pola makan seharusnya mendukung peningkatan asupan kalori.

Berikut adalah tujuh jenis olahraga yang efektif dan aman untuk mencapai tujuan ini:

1. Renang
Renang bukan hanya olahraga yang efektif untuk membangun massa otot dan lemak, tetapi juga aman untuk semua orang, termasuk yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Berbagai gaya renang, seperti gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, dapat digunakan untuk menambah berat badan.

2. Latihan Angkat Beban
Latihan angkat beban tetap menjadi salah satu jenis olahraga paling efektif untuk membangun massa otot.

Latihan ini mengharuskan penggunaan beban yang cukup berat untuk merangsang pertumbuhan otot. Peningkatan bertahap pada beban sangat penting.

BACA JUGA:Berkuda untuk Keseimbangan dan Kebugaran : Manfaat Olahraga Ringan yang Menyenangkan dan Menantang

BACA JUGA:Berenang untuk Kesehatan : Olahraga Ringan yang Menyegarkan dan Menguatkan Tubuh

3. Squat
Gerakan squat merupakan latihan angkat beban yang melibatkan otot kaki, paha depan, paha belakang, dan bokong.

Dengan efektivitasnya dalam membangun massa otot di area tersebut, squat bisa menjadi pilihan terbaik untuk menambah berat badan.

4. Push-up
Push-up adalah gerakan latihan yang mengaktifkan otot dada, bahu, dan trisep. Gerakan push-up efektif untuk membangun massa otot di area tersebut. Push-up dapat dilakukan dengan menambahkan beban di punggung atau bahu.

5. Pull-up
Gerakan pull-up fokus pada otot punggung dan bisep, membantu membangun massa otot di area tersebut. Untuk menambah berat badan dengan pull-up, bisa digunakan alat pull-up atau bantuan teman, sambil menambahkan beban di punggung atau bahu.

6. Lunges
Lunges melibatkan otot kaki, paha depan, paha belakang, dan bokong. Gerakan ini efektif untuk membangun massa otot dan lemak di area tersebut. Gunakan beban di tangan atau bahu untuk meningkatkan intensitas gerakan lunges.

BACA JUGA:5 Olahraga Ringan yang Cocok untuk Manula

BACA JUGA:Berkuda Olahraga yang Menyehatkan Tubuh dan Jiwa, Tidak Hanya Sebatas Hobi

7. Tricep Dips
Gerakan tricep dips fokus pada otot trisep, membantu membangun massa otot di lengan atas. Anda juga dapat menambahkan beban di punggung atau bahu, gerakan ini efektif untuk menambah berat badan secara sehat.

Untuk mencapai penambahan berat badan yang efektif, konsistensi dalam berolahraga diperlukan, setidaknya 3-5 kali seminggu. Intensitas latihan perlu ditingkatkan seiring dengan peningkatan kekuatan tubuh.

Selain olahraga, perhatian pada pola makan juga penting. Makanan tinggi kalori dan protein, seperti daging, ayam, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan, perlu menjadi bagian dari diet harian.

Hindari makanan rendah kalori dan tinggi lemak, seperti makanan cepat saji dan minuman manis, untuk hasil yang optimal. (*)


Sumber: