Sejumlah Logistik Pemilu Tiba di KPU Tulungagung, Sebagian Rusak

Sejumlah Logistik Pemilu Tiba di KPU Tulungagung, Sebagian Rusak

Petugas KPU Tulungagung merakit kotak suara.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung telah menerima pengiriman logistik untuk Pemilu 2024. Diantaranya adalah kotak suara.

Kini, logistik tersebut langsung disimpan di gudang KPU di Kelurahan Tamanan.

kotak suara itu melengkapi logistik sebelumnya yang sudah diterima KPU Tulungagung. Yakni bilik suara, bantalan coblos, kabel ties, dan tinta.

BACA JUGA:KPU Tulungagung Gelar Sosialisasi Tahapan Logistik Pemilu 2024

Dari hasil sortir sementara, ditemukan terdapat logistik yang rusak dan tidak sesuai dengan spesifikasi.

Ketua KPU Tulungagung, Susanah mengatakan total kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2024 di Tulungagung sebanyak 16.563 buah.

Total kotak suara yang diterima KPU Tulungagung hingga saat ini mencapai 5.600 buah. Selanjutnya kekurangan kotak suara akan segera dikirim bulan ini.

BACA JUGA:KPU Tulungagung Pastikan Coklit Berjalan Maksimal

"Jadi kurangnya masih sekitar 11 ribu buah kotak suara, akan dikirim secara bertahap pada bulan ini. Targetnya bulan Desember rampung pengiriman tahap pertama," ujarnya, Rabu 6 Desember 2023.

Susanah menyebut, setelah dilakukan sortir, pihaknya menemukan 8 lembar bilik suara yang ukurannya tidak sesuai spesifikasi.

Selain itu, KPU Tulungagung juga mendapati 192 botol tinta yang tumpah. Kerusakan tersebut telah dilaporkan ke KPU pusat dan akan segera dikirim logistik pengganti.

BACA JUGA:Perubahan Dapil, KPU Tulungagung: Tidak Ada Parpol Menggugat

"Ada bilik suara yang ukurannya tidak sesuai dan tinta yang tumpah, semuanya sudah kami laporkan dan akan segera dikirim penggantinya," tuturnya.

Sesuai dengan aturan yang ada, pengiriman logistik Pemilu 2024 dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama KPU menerima logistik berupa kotak suara, bilik suara, kabel ties dan tinta. Kemudian pada tahap kedua, akan menerima surat suara.

Usai diterima, logistik disimpan di dalam gudang. Kemudian nantinya di distribusikan ke kecamatan dan TPS, logistik akan dirakit di gudang tersebut.

BACA JUGA:KPU Tulungagung Lantik 10 PPS Pergantian Antar Waktu

"Saat distribusi nanti sudah siap digunakan," pungkasnya.(fir/mad)

Sumber: