IPM Kota Batu 2023 Tumbuh 1,20 Persen, Pj Wali Kota Harap Tahun Depan Naik Level Sangat Tinggi

IPM Kota Batu 2023 Tumbuh 1,20 Persen, Pj Wali Kota Harap Tahun Depan Naik Level Sangat Tinggi

-Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Batu tumbuh 1,20 persen atau mencapai 79,07 atau capaian pembangunan manusia berstatus Tinggi. 

Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata IPM Jatim sebesar 74,65. Angka yang dilansir oleh BPS Jatim merupakan hasil dari Long Form SP2020. 

BACA JUGA:Forum LLAJ Jelang Nataru, Dishub Kota Batu Siapkan 30 Kamera Pantau dan 10 Kamera ETLE

Pertumbuhan IPM Kota Batu menduduki urutan keempat se-Jatim setelah Kabupaten Pamekasan dengan pertumbuhan IPM 1,40 persen, Kabupaten Lumajang sebesar 1,30 persen, dan Kabupaten Situbondo sebesar 1,28 persen. 

Dan tercatat pertumbuhan IPM Kota Batu merupakan tertinggi dibandingkan Tahun 2020 sampai dengan Tahun 2022 yaitu 0,85 persen.

BACA JUGA:Waspadai Cuaca Buruk, Pj Wali Kota Batu Terbitkan Surat Edaran Antipasi Musim Hujan

Selain itu, IPM Kota Batu berada di urutan kedelapan dari 38 kabupaten dan kota di Jatim. Tertinggi diraih Kota Malang sebesar 84,00 dan terendah Kabupaten Sampang sebesar 66,19.

IPM merupakan salah satu upaya untuk mengukur capaian pembangunan manusia berbasis pada sejumlah komponen dasar kualitas hidup. 

BACA JUGA:Puskesmas Sisir Kota Batu Raih Akreditasi Paripurna dari Kementrian Kesehatan

Indikator yang dinilai yaitu capaian umur harapan hidup saat lahir (UHH), Harapan lama sekolah (HLS), rata-rata lama sekolah (RLS) dan pengeluaran riil per kapita per tahun yang disesuaikan.

BACA JUGA:Peringati Hari AIDS Sedunia, Pemkot Batu Ajak Pemuda Jadi Generasi Sehat dan Berprestasi

Dengan meningkatnya pertumbuhan IPM Kota Batu, menurut Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, menunjukkan adanya indikator perbaikan kualitas hidup masyarakat Kota Batu. Baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan perekonomian. 

"Status IPM Kota Batu di level tinggi, menunjukkan capaian pembangunan manusia yang semakin berkualitas, baik dari sisi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi masyarakat," ujarnya. 

BACA JUGA:Persetujuan Bersama Raperda APBD Kota Batu Tahun 2024 Tepat Waktu

Sumber: