Suporter Tim Tamu Dilarang Hadir, Semua Laga Liga 3 PSSI Jatim Disiarkan Live Streaming

Suporter Tim Tamu Dilarang Hadir, Semua Laga Liga 3 PSSI Jatim Disiarkan Live Streaming

Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Kompetisi Liga 3 PSSI Jawa Timur yang mulai digelar 5 Desember akan disiarkan secara live streaming via Channel PSSI Jawa Timur. Pembukaan Liga 3 Kapal Api PSSI Jawa Timur akan digelar di Stadion Canda Bhirawa, Pare, Kediri

"Pertandingan di Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023 sesuai peraturan PSSI bisa dihadiri penonton, tapi  tanpa kehadiran suporter tim tamu, karena itu agar suporter tetap menikmati laga, semua pertandingan akan bisa disaksikan via live streaming," kata Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin. 

Menyambut kompetisi Liga 3 ini, Asprov PSSI dan Polda Jatim menggelar rapat koordinasi pada Jumat, 1 Desember 2023 lalu. Beberapa hal yang menjadi keputusan dari rakor ini harus segera ditindak lanjuti oleh semua pihak.

BACA JUGA:Jelang Liga 3 PSSI Polisi Asesmen Stadion Letjend H. Soedirman Bojonegoro

Termasuk Kondisi stadion berdasarkan asesmen pihak kepolisian yang dianggap ada perbaikan diteruskan oleh klub kepada Dispora atau kepala daerah sebagai pemilik stadion.

BACA JUGA:Diikuti 54 Klub, Liga 3 Jatim Bergulir Mulai 5 Desember

Hasil rakor lainnya, suporter tim tamu dilarang hadir di stadion sebagai antisipasi  agenda pengamanan yang lain. Dan suporter nantinya bisa tetap menyaksikan pertandingan, karena semua laga akan ditangkan live streaming via Channel PSSI Jatim.

Rapat koordinasi ini juga mewajibkan seluruh yang terlibat dalam kompetisi Liga 3 Jatim menandatangani pakta integritas harus ditandangani Presiden Klub/Owner/CEO/manager, seluruh pemain dan official tidak terkecuali, termasuk para pimpinan suporter, ini dilakukan demi tercapainya kompetisi yang aman dan nyaman.

Beberapa poin dari pakta integritas ini adalah : tidak akan menjadi bagian dari segala bentuk perjudian dan/atau taruhan apa pun dalam bentuk online ataupun secara langsung terkait dengan sepak bola, termasuk meminta atau memfasilitasi atau mencoba untuk meminta atau memfasilitasi orang lain untuk melakukannya.

Tidak akan menoleransi segala bentuk manipulasi (baik dengan menawarkan atau mencoba menawarkan suap atau dengan menerima atau mencoba menerima atau mencari suap) atau secara tidak sah mengubah atau mempengaruhi hasil atau aspek lain dari suatu pertandingan atau kompetisi sepakbola.

Kemudian tidak akan melakukan provokasi yang menimbulkan keributan sehingga tidak bisa menjaga stabilitas keamanan di tempat pertandingan berlangsung; Dan yang paling penting bersedia di diskualifikasi dari Kompetisi Liga 3 Asprov PSSI Jawa Timur 2023/2024 jika terbukti melakukan provokasi/pembuat keributan/tawuran/kericuhan.

Jika kesepakatan itu dilanggar, akan ada sanksi berat yakni diskualifikasi dari kepesertaan kompetisi Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim.

“Kami membuat pakta integritas dengan klub peserta, hal tersebut sebagai upaya dan langkah pencegahan terhadap tindakan-tindakan atau persepsi-persepsi negatif yang dapat merugikan sepakbola Jawa Timur,” kata Amir Burhannudin.

Amir Burhanuddin menambahkan, karena Liga 3 PSSI Jatim 2023 ini bersamaan dengan musim kampanye Pemilu 2024, maka semua urusan politik, capres, caleg dilarang masuk stadion. 

Sumber: