Komplotan Perampok Rumah Kosong Dibekuk Ditreskrimun Polda Metro di Randubango

Komplotan Perampok Rumah Kosong Dibekuk Ditreskrimun Polda Metro di Randubango

Komplotan perampok tak berkutik.--

MOJOKERTO, MEMORANDUM- Komplotan rampok spesialis rumah kosong diringkus Ditreskrimum Polda Metro Jaya di Desa Randubango, Kecamatan Mojosari, Rabu, 22 November 2023 Polisi mengamankan barang bukti berupa satu tas ransel berisi uang dan satu peti perhiasan dan berlian dari enam orang buronan tersebut.

Keenam rampok yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) tersebut ditangkap di rumah kontrakan milik Sugito di RT 12 RW 04 Desa Randubango, Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. sekitar pukul 12.30, Rabu (22/11). "Benar, dari Polda Metro Jaya. Waktu penggerebekan kemarin saya dan pak kasun jadi saksinya," ujar Ketua RT 12 RW 04 Suiswanto,saat konfermasi awak media di rumah nya  Kamis, 23 November 2023.

Rampok kelompok Makassar tersebut ditangkap setelah beraksi di sejumlah lokasi di wilayah Jabodetabek dan Surabaya. Mereka diringkus setelah sekitar sepekan bersembunyi di Mojokerto. "Mereka baru seminggu ngontrak di sini. Gak ada yang mau nyerahkan KTP. Setelah diperiksa kemarin, empat orang dari Makassar dan dua lainnya dari Surabaya dan Jakarta," beber pria 65 tahun ini.

BACA JUGA:Pemkot Mojokerto Fasiltasi UMKM Go Digital

Suiswanto menjelaskan, sedikitnya ada sekitar 10 petugas mengepung rumah kontrakan persembunyian rampok tersebut. Petugas mencokok para pelaku yang sedang main judi "Petugasnya sendiri datang naik empat mobil seri platnya B semua," sebutnya.

BACA JUGA:Tim BBPMP Jatim Monitoring ke Disdikbud Kota Mojokerto

Kawanan perampok  tersebut tak berkutik saat petugas mendapati sejumlah barang bukti sarana dan hasil curian. Mulai dari uang tunai hingga perhiasan. Berikut tiga bilah parang, tiga unit motor dan satu unit mobil. "Kemarin buktinya ditunjukkan, ada satu tas (ransel) penuh isi uang dan satu peti isi berlian dan emas. Nggak ada senjata api, motor dan mobil pelaku yang disita itu seri nopolnya B, F dan D," urai Pak RT.

Keenam pelaku dan sejumlah barang bukti hasil kejahatan tersebut langsung diamankan petugas. "Informasi dari petugas, pelaku ini sudah berencana mau merampok di wilayah Mojokerto Rabu (22/11) malam. Syukurnya, siang sudah ketangkap," tandas Suiswanto.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Mojosari Iptu Bambang Sunandar membenarkan adanya penangkapan DPO rampok lintas daerah tersebut. Sejumlah barang bukti langsung yang diamankan langsung dikirim ke Ibu Kota via ekspedisi. "Benar, ada enam orang (DPO) yang ditangkap. Mereka baru tinggal di Randubango sekitar enam hari masalah terkait masalah Polda Metro yang tahu ucap Babang  (no).

Sumber: