Ini Dia Beberapa Minuman yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Merusak Ginjal Anda

Ini Dia Beberapa Minuman yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Merusak Ginjal Anda

Minuman-minuman ini mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, kerusakan ginjal, dan penyakit ginjal kronis. Hati-hati!-pixabay-

4. Minuman kemasan

Minuman kemasan, seperti jus buah dan minuman energi, sering kali mengandung gula tambahan, pemanis buatan, dan bahan pengawet.

Gula tambahan dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes, sedangkan pemanis buatan dapat merusak ginjal. Bahan pengawet tertentu juga dapat merusak ginjal.

5. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, seperti soda dan minuman berenergi, mengandung karbon dioksida. Karbon dioksida dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

BACA JUGA:Waspada! Terlalu Sering Minum Es Bisa Sakit Tenggorokan hingga Gagal Ginjal

Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi asupan minuman yang dapat merusak ginjal:

• Batasi asupan minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan soda.

• Hindari minuman bersoda.

• Batasi asupan minuman beralkohol.

• Baca label minuman kemasan sebelum membelinya untuk memastikan tidak mengandung gula tambahan, pemanis buatan, atau bahan pengawet yang berbahaya bagi ginjal.

• Minum air putih yang cukup, yaitu minimal 2 liter per hari.

BACA JUGA:Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi Dengan Metode ESWL

Ada sejumlah penyebab yang dapat memicu terjadinya penyakit ginjal akut. Mulai dari kekurangan cairan dan darah, cedera pada ginjal, atau sumbatan yang menyebabkan kembalinya cairan ke ginjal.

Jika Anda memiliki penyakit ginjal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi tentang jenis minuman yang aman untuk Anda konsumsi. (*)

Sumber: