Yuk Ketahui, Gaya Hidup dan Pola Makan Tidak Sehat Dapat Memicu Kanker

Yuk Ketahui, Gaya Hidup dan Pola Makan Tidak Sehat Dapat Memicu Kanker

Gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker.-pixabay-

Konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kanker. Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker hati, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

BACA JUGA:Pola Makan Buruk dan Malas Olahraga Meningkatkan Risiko Kanker

• Paparan radiasi

Paparan radiasi, baik radiasi sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari maupun radiasi ionisasi dari sumber-sumber buatan, dapat meningkatkan risiko kanker kulit, kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker laring, dan kanker leukemia.

• Paparan zat karsinogenik

Paparan zat karsinogenik, yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker, juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Zat karsinogenik dapat ditemukan dalam berbagai produk, termasuk asap rokok, asap kendaraan bermotor, asap pembakaran kayu, pestisida, dan bahan kimia industri.

Cara Mencegah Kanker

Untuk mencegah kanker, penting untuk menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kanker:

1. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta berolahraga secara teratur.

2. Melakukan aktivitas fisik secara teratur

Rekomendasi aktivitas fisik untuk orang dewasa adalah setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas tinggi per minggu.

3. Menghentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat dihentikan dengan mengikuti program berhenti merokok yang tersedia di berbagai tempat, seperti rumah sakit, klinik, dan lembaga kesehatan lainnya.

Sumber: