Yuk Ketahui, Gaya Hidup dan Pola Makan Tidak Sehat Dapat Memicu Kanker

Yuk Ketahui, Gaya Hidup dan Pola Makan Tidak Sehat Dapat Memicu Kanker

Gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker.-pixabay-

MEMORANDUM-Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Menurut data dari World Health Organization (WHO), Kanker menjadi penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit jantung. Beberapa faktor yang dapat memicu Kanker salah satunya berasal dari gaya hidup dan pola makan.

Pada tahun 2020, diperkirakan terdapat 9,5 juta kasus kematian akibat kanker.

Kanker dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh, seperti faktor genetik.

Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tubuh, seperti gaya hidup dan pola makan.

BACA JUGA:Jarang Diketahui Berikut Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Kanker

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat meningkatkan risiko kanker. Beberapa gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat tersebut meliputi:

• Kegemukan atau obesitas

Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko kanker yang paling umum. Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker rahim, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker pankreas.

Terlalu banyak makan-makanan yang tidak sehat juga dapat mengakibatkan kanker.

• Kurang aktivitas fisik

Kurang aktivitas fisik juga merupakan salah satu faktor risiko kanker. Orang yang kurang aktivitas fisik memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

• Merokok

Merokok merupakan salah satu faktor risiko kanker yang paling berbahaya. Merokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker pankreas, kanker kandung kemih, kanker leher rahim, dan kanker prostat.

• Konsumsi alkohol

Sumber: