Unik! Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Hewan Endemik Indonesia yang Tidak Ada di Negara Lain

Unik! Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Hewan Endemik Indonesia yang Tidak Ada di Negara Lain

-unsplash-

3. Badak Sumatra

Badak Sumatra adalah salah satu dari lima spesies badak yang masih ada di dunia. Hewan ini merupakan spesies badak paling kecil dan paling langka. Badak Sumatra hidup di habitat hutan hujan tropis di Pulau Sumatra.

Badak Sumatra merupakan hewan herbivora yang memakan berbagai jenis tumbuhan, termasuk rumput, daun, dan buah-buahan. Badak Sumatra memiliki kemampuan berlari yang sangat lambat, sehingga rentan terhadap perburuan.

Badak Sumatra juga merupakan hewan yang terancam punah. Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 80 ekor di alam liar. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perburuan liar, kebakaran hutan, dan hilangnya habitat.

 

4. Orangutan

Orangutan adalah hewan endemik Indonesia yang merupakan spesies kera besar. Hewan ini hidup di habitat hutan hujan tropis di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Orangutan merupakan hewan herbivora yang memakan berbagai jenis buah-buahan, daun, dan biji-bijian. Orangutan memiliki kemampuan memanjat pohon yang sangat baik, dan dapat menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon.

Orangutan juga merupakan hewan yang terancam punah. Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 14.000 ekor di alam liar. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perburuan liar, kebakaran hutan, dan hilangnya habitat.

 

5. Cendrawasih

Cendrawasih adalah burung endemik Indonesia yang terkenal dengan keindahan bulunya. Burung ini hidup di habitat hutan hujan tropis di Pulau Papua dan Maluku.

Cendrawasih merupakan burung monogami, dan hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Burung ini memiliki ritual perkawinan yang sangat unik, yaitu dengan menampilkan keindahan bulunya untuk menarik perhatian pasangannya.

Cendrawasih juga merupakan hewan yang terancam punah. Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 23.000 ekor di alam liar. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perburuan liar, kebakaran hutan, dan hilangnya habitat.

Kelima hewan endemik Indonesia tersebut merupakan kekayaan alam yang harus dilestarikan. Hewan-hewan tersebut merupakan bagian dari identitas bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dibanggakan. Bagaimana pendapatmu?. (*)

Sumber: