Profil dan Jejak Karir Achsanul Qosasi, Presiden Madura United yang Jadi Tersangka Korupsi BTS

Profil dan Jejak Karir Achsanul Qosasi, Presiden Madura United yang Jadi Tersangka Korupsi BTS

Achsanul Qosasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung) di kasus dugaan korupsi proyek menara base transceiver station (BTS) 4G. Dalam kasus ini, Achsanul diduga menerima suap sebesar Rp 40 miliar.

 

Achsanul yang juga Presiden Madura United itu dikenakan Pasal 12B, pasal 12e atau Pasal 5 ayat 2 huruf b juncto pasal 15 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi atau Pasal 5 ayat 1 UU Pencucian Uang.

 

Lantas seperti apa sepak terjang Achsanul Qosasi yang menduduki jabatan penting di salah satu institusi negara yaitu Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia itu, berikut profilnya

BACA JUGA:Profil Mahfud MD, Cawapres PDIP Dampingi Ganjar Pranowo

 

Profil Achsanul Qosasi 

 

Achsanul lahir di Sumenep, Madura, 10 Januari 1966. Masa kecilnya dihabiskan di kampung halamannya hingga jenjang SMP. Lalu dia pindah ke Jakarta dan melanjutkan sekolah di SMA Negeri 42 Jakarta.

 

Pendidikan S1 ditempuh di Universitas Pancasila pada 1989 jurusan Ekonomi. Lalu dilanjut S2 Economic Science, Jose Rizal University, Manila-Philipines. Tahun 2018 dia menempuh S3 Administrasi Bisnis, di Universitas Padjadjaran.

 

Perjalanan Karir Achsanul Qosasi

 

Pada awal membangun karir, Achsanul pernah dipercaya menjadi Direktur Bank Swasta Nasional pada 2004. Dua tahun kemudian, ia berkarir sebagai Programme Director Lembaga Keuangan Asing.

 

Secara perlahan, Achsanul melebarkan karirnya di bidang politik dan diketahui pernah menjabat sebagai anggota VII BPK dari tahun 2014 hingga 2017.

 

Bidang politik membawa perkembangan yang baik bagi karirnya, sehingga bisa menjabat sebagai Wakil ketua Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI.

BACA JUGA:Profil Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo Termuda yang Disebut akan jadi Cawapres Prabowo Subianto

 

Riwayat Organisasi Achsanul Qosasi

 

Pada tahun 2000, Achsanul terjun ke dunia olahraga dengan menempati posisi sebagai Ketua Umum Persija Selatan.

 

Setelah itu, Achsanul didapuk menjadi Bendahara PSSI pada 2007 hingga 2011. Ia juga tercatat saat ini berstatus Presiden Madura United, salah satu klub papan atas Liga 1.

 

Harta Kekayaan Achsanul Qosasi

 

Berdasarkan Data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 20 Maret 2023, harta kekayaan Achsanul Qosasi cukup fantastis, yaitu sebesar Rp24,8 miliar di akhir tahun 2022.

Sumber: