Polres Malang Tempatkan Personil Demi Kamtibmas Kondusif Jelang Pemilu 2024

Polres Malang Tempatkan Personil Demi Kamtibmas Kondusif Jelang Pemilu 2024

Petugas saat berada di kantor KPU dan Bawas-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Kepolisian Resor Malang guna mengintensifkan keamanan, menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menempatkan Personilnya pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Malang.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban selama tahapan Pemilu 2024. Juga sebagai komitmen Polres Malang, dalam menjaga kelancaran proses Pemilu.

"Personel yang pada perkantoran tersebut dilakukan secara bergantian selama 24 jam," ujar Iptu Ahmad Taufik Kasihumas Polres Malang, 3 November 2023.

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Polres Malang Gelar Forum Konsultasi Publik

Pengamanan intensif di Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Malang, dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan terhadap keamanan dan ketertiban di lokasi tersebut. Selain itu pengamanan ini juga bertujuan untuk memastikan, bahwa KPU dan Bawaslu dapat menjalankan tugas pelaksanaan dan pengawasan Pemilu 2024 dengan lancar.

"Penjagaan secara integritas Pemilu, dengan ketat, di berharapkan dapat membantu mereka menjalankan tugasnya tanpa gangguan," kata Taufik.

Selain Kantor KPU dan Bawaslu, Polres Malang juga akan melakukan pengamanan di tempat-tempat strategis lainnya, seperti lokasi-lokasi keramaian. Tindakan ini merupakan bagian dari langkah antisipatif Polres Malang dalam menghadapi Pemilu 2024.

BACA JUGA:Polres Malang Siapkan Personel dan Imbau Warga Waspada Hoax Jelang Pemilu 2024

Taufik juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga situasi yang kondusif selama tahapan Pemilu. Karena partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi, dalam suasana damai aman dan lancar juga tak lepas dari peran masyarakat.

"Karena tanggung jawab keamanan dan kelancaran Pemilu tidak hanya tanggung jawab TNI, Polri dan Pemerintah. Tapi menjadi tanggung jawab seluruh steakholder," imbuh Taufik.

Pengamanan yang intensif di Kantor KPU dan  Bawaslu kabupaten Malang, serta tempat-tempat strategis lainnya adalah langkah yang diambil oleh Polres Malang untuk memastikan bahwa Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, jujur, dan adil, serta sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang kuat.(kid)

Sumber: