5 Kesalahan yang Tidak Disadari Saat Minum Air Putih dan Ketahui Dampak Buruknya Bagi Tubuh

5 Kesalahan yang Tidak Disadari Saat Minum Air Putih dan Ketahui Dampak Buruknya Bagi Tubuh

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk memaksimalkan kinerja organ tubuh. Meski sangat menyehatkan, banyak orang yang tidak menyadari sejumlah kesalahan saat minum air putih. 

Berikut berbagai kesalahan paling umum yang seharusnya dihindari saat minum air.

1. Minum Air Sambil Berdiri

Banyak orang masih kebiasaan minum air sambil berdiri. Padahal, minum air sambil berdiri bisa membuat saraf tegang, mengganggu keseimbangan cairan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Ini Lho Manfaat Minum Air Putih yang Cukup untuk Tubuh

2. Menenggak Air Terlalu Cepat

Saat Anda terburu-buru atau sudah kehausan, Anda akan cenderung menegak air minum lebih cepat. Tanpa disadari, hal ini bisa menyebabkan kotoran di ginjal dan kandung kemih menumpuk di bawah. Minumlah sedikit ait dan jangan terlalu cepat menegaknya untuk membantu pencernaan.

3. Minum Air Berlebihan

Anda mungkin mengira minum air lebih banyak akan lebih baik. Tapi, tidak ada bukti bahwa minum air lebih banyak dari biasanya bisa memberikan manfaat kesehatan.

Minum air lebih banyak bisa menyebabkan hyponatremia yang disebut keracunan air. Minum air berlebihan juga meningkatkan kadar natrium terlalu rendah, mengakibatkan pembengkakan otak, kejang dan koma.

BACA JUGA:Lakukan Secara Rutin! Ini 5 Manfaat Yang Kalian Dapat Jika Rutin Minum Air Putih

4. Menambahkan Irisan Buah atau Sayur

Terasa lebih menyegarkan saat minum air dengan tambahan buah maupun sayuran di dalamnya. Namun jika tidak melakukannya dengan hati-hati, dapat menyertakan penyakit bawaan seperti salmonella dan E coli.

5. Menambahkan Pemanis Buatan

Sumber: