Jelang Pilkades Serentak Tahap III, Kapolres Bangkalan Apresiasi Deklarasi Damai 14 Cakades

Jelang Pilkades Serentak Tahap III, Kapolres Bangkalan Apresiasi Deklarasi Damai 14 Cakades

Pj Bupati Bangkalan Dr H Arief Mulya Edie, anggota forkopimda, OPD terkait, dan para calon kepala desa di 14 desa foto bersama usai deklarasi damai.-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya mengapresiasi komitmen para calon kepala desa (cakades) yang bakal bersaing dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap III, Rabu, 25 Oktober 2023.

Mereka yang akan bersaing di 14 desa, kompak menjalin kesepakatan untuk berlaga secara fair play. Juga siap mengawal kondusifitas daerah. Tidak akan ada kecurangan yang berpotensi menjadi pemicu terjadinya kericuhan. 

“Intinya para cakades sepakat untuk menjamin Pilkades Serentak tahap III akan  berlangsung fair play. Tertib, lancar, aman dan sukses,” kata AKBP Febri, sapaan akrab kapolres, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Kesepakatan itu, terjalin dalam forum deklarasi damai yang dihelat pemkab di Pendopo Agung Kabupaten Bangkalan, Kamis, 19 Oktober 2023.

Komitmen simpatik itu digaungkan para cakades dihadapan Pj Bupati Bangkalan Dr H Arief Mulya Edie, anggota forkopimda, serta pimpinan OPD terkait. 

“Deklarasi damai ini patut kita apresiasi bersama. Masyarakat, terutama di 14 desa pelaksana pilkades serentak, akan bisa hidup tenang. Tidak resah dan khawatir pilkades bakal rusuh,” tandas AKBP Febri.

Meski begitu,  polres sebagai penanggung jawab pengamanan pilkades di garda terdepan akan tetap siaga dan waspada. Karenanya, AKBP Febri, sempat titip pesan dan arahan di sela kegiatan deklarasi damai.

Di antaranya, kapolres mengingatkan agar para cakades yang benar-benar  memegang teguh komimen mereka dalam forum deklarasi damai. Jangan ada kecurangan. Harapan ini juga dialamatkan kepada P2KD. 

Jika ada masalah, selesaikan melalui jalur musyawarah melalui TFPKD di tingkat kabupaten.

”Jangan bertindak sendiri-sendiri. Apalagi sampai menimbulkan kerusuhan antarpendukung cakades,” tegas AKBP Febri.

Jika itu terjadi, aparat keamanan gabungan TNI-Polri  tidak akan segan-segan untuk bertindak tegas. 

Jelang  Pilkades Serentak Tahap II Mei 2023 lalu, memang sempat terjadi  bentrokan berdarah antarpendukung cakades di Desa Bator, Kecamatan Klampis. 

Itu terjadi April 2023 di Jalan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Bangkalan, tidak jauh dari Kantor DPMD.  Akibatnya dua warga meninggal dunia.

”Nah, hal yang seperti jangan terulang lagi,” pungkas AKBP Febri. 

Sumber: