3 Cara Mengatasi Tenggorokan yang Kering

3 Cara Mengatasi Tenggorokan yang Kering

Ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Tenggorokan kering merupakan kondisi yang umum terjadi dan bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti infeksi virus atau bakteri, udara kering, hingga radang amandel. 

Meski menimbulkan gejala yang ringan, tenggorokan kering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Batuk Berdarah Kenali Gejala dan Penyebabnya Berikut Ini

Cara mengatasi tenggorokan yang kering

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi tenggorokan terasa kering dan mengganjal yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dengan memperbanyak minum air putih, kelembapan saluran pernapasan jadi lebih terjaga serta mampu mengatasi dehidrasi yang menjadi penyebab tenggorokan kering

BACA JUGA:Wah Jarang Diketahui, Ternyata Ini 10 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:7 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan Tubuh

2. Menghindari Rokok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asap rokok merupakan salah satu zat alergen yang dapat menyebabkan tenggorokan terasa kering dan gatal. Pasalnya, rokok mengandung nikotin dan tembakau yang dapat mengiritasi saluran pernapasan, termasuk tenggorokan.

3. Berkonsultasi dengan Dokter

Agar tenggorokan kering dapat diatasi dengan tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin. Nantinya, dokter dapat menangani tenggorokan kering sesuai dengan penyebab yang mendasarinya sehingga mampu meredakan gejala serta menghindari terjadinya perburukan kondisi.

 

Sumber: