Pj Bupati Bangkalan dan OPD Resik-Resik di Alun-Alun Kota

Pj Bupati Bangkalan dan OPD Resik-Resik di Alun-Alun Kota

Pj Bupati Bangkalan Dr Arief Mulya Edie turun bareng para ASN bersih-bersih Jalan Raya Ahmad Yani dan alun-alun kota.--

BANGKALAN, MEMORANDUM - Peduli terhadap kebersihan ekosistem perkotaan, Pj Bupati Bangkalan Dr H Arief M Edie, mulai melakukan gebrakan.

Figur pejabat yang baru dilantik Gubernur Jawa Timur Kohofifah Indar Parawansa dua pekan lalu itu beriniastif mencanangkan program kegiatan Jumat Bersih.

“Melalui program ini, Bapak Pj Bupati setiap Jumat pagi mengajak semua ASN di lingkup Organisasi Perangkat daerah (OPD) untuk turun ke jalan bersih-bersih lingkungan perkotaan,” kata Kepala Dinas Kominfo Dr Agus Sugiyanto Zein, Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Kebijakan ini tidak hanya berlaku bagi jajartan staf serta para pejabat eselon IV dan III setara sekretaris, kabid, kasi, kasubbag dan jajaran staf.

Semua pimpinan OPD seperti kepala dinas, kepala badan dan sekdakab juga harus menjalankan amanah ini.

“Tidak terkecuali, Bapak Pj Bupati ikut turun langsung bersama semua ASN untuk rutin bersih-bersih liungnan perkotaan. Rutin setiap Jumat pagi,” tandas Agus Zein, sapaan akrab Kadis Kominfo.

Seperti Jumat, 6 Oktober 2023 pagi mulai pukul 07.30 WIB hingga 10.00 WIB, Pj Bupati Dr Arief bersama sebagian besar ASN, turun bersih-bersih di sepanjang Jalan Raya Ahmad Yani yang bersisian dengan pendopo kabupaten, alun-alun kota, Taman Paseban, dan Masjid Agung Kota Bangkalan.

Sedangkan sebagian ASN lainnya, bersih-bersih di lingkungan kantor masing-masing. Amanah juga berlaku bagi semua camat, pejabat dan jajaran staf di 18 kecamatan.

Tidak hanya itu.  Aplikasi dari program giat Jumat Bersih, ini berlaku pula bagi seluruh kades,  lurah, jajaran staf dan perengkat desa yang tersebar di 273 desa dan 8 kelurahan.

”Pokoknya, setiap Jumat pagi, semua ASN di Kabupaten Bangkalan harus turun bersih-bersih lingkungan di lingkup perkotaan, kecamatan, desa dan kelurahan,” jelas Dr Agus Zein.

Tergetnya, melalui rutinitas program kegiatan Jumat Bersih ini Pj Bupati berharap Kabupaten Bangkalan menjkadi kawasan yang hiergenis.

Bersih, tertib dan rapi. Ini penting karena Kabupaten Bangkalan merupakan pintu gerbang masuk Pulau Madura.

Terakhir, Agus Zein, menambahkan, melalui program ini, Pj Bupati Dr Arief Mulya Edie, berharap bisa memotivasi warga di lingkup RW dan RT, serta masyarakat umum untuk rutin dan aktif menerapkan kegiatan serupa. (*)

Sumber: